JAKARTA -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan mengganti seragam anggota putri Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2019 dari yang sebelumnya menggunakan rok menjadi celana panjang. Hal itu dilakukan demi memudahkan baris-berbaris.

“Kebijakan baru ini adalah bagian mekanisme penyeragaman. Selama ini, anggota putri Paskibraka pakai rok, lalu ditarik dengan kaos kaki. Tapi tahun ini kita gunakan celana panjang,” kata Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Asrorun Ni’am Sholeh, di Jakarta, Sabtu (27/7/2019).

Asrorun mengatakan penggunaan rok bagi anggota Paskibraka saat bertugas tampak sederhana. Namun, kenyataannya pakaian jenis tersebut dianggap menyulitkan gerakan saat baris berbaris.

Dengan kebijakan baru mengenakan celana panjang, kata Asrorun, anggota putri Paskibraka bisa bergerak lebih mudah. Jenis pakaian itu juga dinilai selaras dengan anggota putri yang selama ini berhijab.

Dikatakan Asrorun kebijakan baru itu sebelumnya telah melalui rangkaian koordinasi dengan berbagai instansi terkait.

“Hasil rapat koordinasi penggunaan celana panjang putri sudah dua kali rapat terbatas dan simulasi dengan lintas sektor. Kebijakan ini juga sudah diterapkan di lingkungan TNI dan Polri,” katanya.

Terpisah, Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Asep Adi Saputra membenarkan bahwa salah satu anggota Paskibraka Nasional 2019, Rangga Wirabrata Mahardika, adalah cucu dari mantan Kapolri Jenderal Roesmanhadi.

“Rangga itu benar cucu dari mantan Kapolri Jenderal Roesmanhadi yang menjabat pada periode 1998-2008,” kata dia.

Menurut Asep, Rangga adalah putra dari Kombes Irwan Anwar yang merupakan putra dari Roesmanhadi.

“Kebetulan ayah Rangga dekat dengan saya. Benar yang disampaikan Rangga bahwa ayahnya saat ini sedang menempuh pendidikan di Seleksi Sekolah Kepemimpinan Tinggi (Sespimti) Polri,” ujar Asep.

Sebelumnya, Kemenpora telah menjaring 68 anggota tim Paskibraka formasi 2019 dari 34 provinsi di Indonesia.

Mereka saat ini tengah menjalani pelatihan di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPPON), Cibubur, mulai 26 Juli hingga 23 Agustus 2019 sebagai persiapan untuk menghadapi prosesi pengibaran Bendera Pusaka saat peringatan Hari Kemerdekaan ke-74 RI di Istana Negara, Jakarta, Sabtu (17/7/2019). 

(rel/nov)

 
Top