ilustrasi
DUMAI, RIAU -- Gubernur Riau, Syamsuar, mengungkapkan pentingnya fasilitas pelayanan kesehatan di Riau sebenarnya tidak kalah dengan negara tetangga. Termasuk juga soal kemampuan dokter dan tenaga medis dalam melakukan tindakan medis di rumah sakit. 

Namun, kenapa masih banyak masyarakat Riau yang masih memilih berobat ke negara tetangga seperti malaysia dan singapura.

Hal tersebut disampaikan Gubri Syamsuar, saat meresmikan Puskemas Bukit Kapur, Bukit Timah, Purnama dan Puskemas Bumi Ayu di Kota Dumai, Rabu (15/1/2020). Dikatakan Gubri, salah satu alasannya ada pada pelayanan.

Sejumlah rumah sakit di Riau masih belum ramah terhadap pasien dalam hal pelayanan. Sehingga masih banyak masyarakat Riau yang tetap memilih berobat keluar negeri meskipun dari sisi fasilitas dan kemampuan dokter di Riau tidak pula kalah. 

“Kelebihannya itu ada di pelayanan, kalau dari sisi dokter, banyak lagi dokter kita yang hebat, bahkan dokter mereka (negara tetangga) ada yang sekolah di indonesia. Fasilitas rumah sakit kita juga tidak kalah dengan mereka. Tapi kelemahan kita ada di senyuman, orang kita payah tersenyum,” ujar Gubri.

Dijelaskan Syamsuar, dengan dibangunnya Puskemas lengkap dengan fasilitas yang mumpuni ini harus dibarengi dengan pelayanan yang baik dan ramah kepada pasien. Sebab fisik saja tidak cukup, namun harus didukung dengan pelayanan yang prima.

“Mari kita tingkatkan pelayanan, jangan sampai fisiknya bagus, tapi pelayanannya kurang bagus,” ujarnya.

Empat Puskemas di Dumai yang diresmikan tersebut seluruhnya dibangun dengan menggunakan dana dari APBN. Sehingga dirinya mengapresiasi jajaran Pemko Dumai yang sudah berhasil berjuang mendapatkan dana dari pusat tanpa mengandalkan dana dari APBD.

“Kita harus bangga, karena untuk mendapatkan dana dari pusat itu tidak gampang. Harus bisa meyakinkan pemerintah pusat. Kita bersyukur karena ke empat Puskesmas yang kita resmikan ini seluruhnya bantuan dari pusat,” ungkapnya.

Gubri berharap dengan diresmikanya empat Puskemas tersebut dapat menjadikan penunjang pelayanan kesehatan kepada masyarakat dumai agar lebih mudah dijangkau masyarakat.

“Saya berharap Puskemas tidak hanya sebagai tempat pengobatan dan pemulihan bagi kesehatan pasien saja. Tapi juga harus bisa menjadi tempat pemberdayaan kesehatan keluarga,” kata Syamsuar.

Usai meresmikan puskesmas, Gubernur Riau bersama rombongan juga menyempatkan diri meninjau puskesmas, dan melihat langsung pasien yang dirawat di puskesmas. Selain itu gubri juga memastikan peralatan kesehatan di puskesmas.

(rel/ede)
 
Top