JAKARTA -- Dunia hiburan kembali kehilangan sosok fenomenal, yaitu aktor senior Johny Indo yang dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (26/1/2020) pagi. Pria yang pada sisa hidupnya aktif sebagai pendakwah ini menghembuskan nafas terakhir sekira pukul 07.45 WIB.

Kabar meninggalnya Johny Indo tersiar dalam pesan berantai yang beredar di kalangan wartawan hiburan.

Innaalillaahi wa innaa ilaihi rooji'un

Telah meninggal dunia pada hari ini, Pkl 07.42 wib, Johanes Hubertus Eijkenboom alias Johny Indo alias Umar Billah (6 November 1948 - 26 Januari 2020). Demikian bunyi pesan yang beredar di media sosial. 

Nama Johny Indo sendiri sempat melambung di era 80-an akhir. Selaku aktor ia pernah membintangi sejumlah film seperti Badai Jalanan, Langkah-Langkah Pasti hingga Daerah Jagoan.

Johny Indo awalnya dikenal sebagai perampok toko emas di Jakarta dan sekitarnya pada era tahun 1970an yang dilakukan pada siang hari bersama kelompoknya Pachinko (Pasukan China Kota). Aksi paling terkenal Johny Indo adalah merampok toko emas di Cikini, Jakarta Pusat, pada 1979.

Johny Indo berhasil ditangkap di Sukabumi setelah kelompok Pachinko lebih dulu ditangkap. Johny Indo kemudian dijatuhi hukuman penjara 14 tahun dan dijebloskan ke penjara Nusa Kambangan. Namun baru tiga tahun menjalani hukuman, ia dan gerombolan berjumlah 34 orang berusaha melarikan diri dari Nusa Kambangan, tetapi kemudian ia berhasil ditangkap setelah bertahan selama 12 hari.

Ia sempat bermain dalam sejumlah film yang salah satunya mengangkat kisah pelariannya dari Nusa Kambangan, yaitu film berjudul "Johny Indo" pada tahun 1987. 

Di sela aktivitas menjalani seni peran, pada tahun 90-an Jhony Indo juga sempat berjualan batu akik di Pusat Batu Akik Rawa Bening, Pasar Jatinegara, yang kebetulan tak jauh dari kediamannya bersama istri keduanya di Pisangan Baru 3 Jakarta Timur. 

Sisa hidup Johny lebih banyak diisi dengan berdakwah. Setelah bertaubat dan mengganti namanya menjadi Umar Billah, ia menjadi pribadi yang lembut dan santun. Rata-rata orang yang bergaul dan berkomunikasi dengannya tu merasakan hal tersebut. 

Selamat jalan Umar Billah, Semoga husnul khatimah. 

(bin)

 
Top