BENGKULU -- Rabu (19/8/2020) pagi ini bertepatan dengan shalat Subuh, tepatnya pukul 05:23:56 WIB, terjadi gempa berkekuatan 6,8 SR di wilayah selatan pulau Sumatera, tepatnya di Bengkulu Utara. 

Informasi dari BMKG menyebutkan, pusat gempa berada pada 4,50 Lintang Selatan (LS), 100, 91 Bujur Timur (BT) dan kedalaman 10 Km dari permukaan laut. Detailnya, 169 km Barat Daya BENGKULU-BENGKULU, 177 km Barat Laut ENGGANO-BENGKULU, 185 km Barat Daya BENGKULU UTARA, 188 km Barat Daya BENGKULU TENGAH dan 682 km Barat Laut JAKARTA-INDONESIA.

Masih berdasarkan informasi BMKG, gempa tidak berpotensi tsunami. Namun, ribuan warga di Provinsi Bengkulu dilaporkan sempat panik bahkan banyak yang sampai berhamburan keluar rumah. Pasalnya, gempa terasa berayun dan durasinya cukup lama. 

Ayunan gempa juga dirasakan warga provinsi tetangga, terutama warga Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Bahkan pada beberapa masjid di kota ini, banyak warga yang sedang berdoa selepas shalat Subuh berjamaah memilih menghambur keluar masjid lantaran khawatir ayunan tersebut merupakan awal dari guncangan gempa yang lebih besar. 

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan resmi ihwal jatuhnya korban jiwa, kerusakan fisik serta kerugian materil yang ditimbulkan gempa berkekuatan 6,8 SR tersebut. 

(ede)





 
Top