SIDOARJO, JATIM –Selama lima hari, Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri Tahun Anggaran 2020 menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) di Pusdik Sabhara Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, mulai Senin-Jumat, 9-13 Maret 2020. Acara ini dihadiri oleh Wakapolri Komjen Pol Dr Gatot Eddy Pramono Msi.

Ada yang beda dari acara Rakernis kali ini, pasalnya kehadiran beberapa personil satpam dengan seragam mirip seragam Polri ikut mewarnai acara di panggung utama yang sedang memperagakan seragam baru yang sedang proses diusulkan.

Satu per satu para satpam, pria dan wanita, berbaris naik ke atas panggung memperagakan seragam barunya, mulai dari seragam biasa, seragam berhijab, hingga setelan jas. Seragam tersebut juga dilengkapi dengan tanda pangkat.

Kabaharkam Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH, MH, menjelaskan tampilan baru satpam itu terinspirasi dari beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, dan Jepang. Di negara tersebut hadirnya Satpam dengan seragam mirip Polisi ternyata efektif mengurangi terjadinya tindak pidana (kejahatan).

“Banyaknya kejadian kejahatan adalah bukti kegagalan dalam menjalankan fungsi preemtif dan preventif yang diemban oleh Korbinmas Baharkam Polri dan jajaran,” kata Komjen Pol Agus Andrianto dilansir xnews.id.

(bin)
 
Top