PASAMAN, SUMBAR -- Komandan Korem 032/Wbr, Brigjen TNI Mirza Agus, selaku Komandan Latihan (Danlat) Posko I, meninjau pelaksanaan Latihan Posko I Kodim 0305/Pasaman, bertempat di aula Makodim 0305/Pasaman, Rabu (25/4/2018)

Pada kesempatan ini Danrem Mirza Agus, menyampaikan, latihan adalah kebutuhan setiap prajurit. Prajurit akan profesional dan mengerti tugas, peran dan fungsinya jika melaksanakan latihan secara bertahap dan bertingkat, serta disesuaikan dengan tugas-tugas yang akan dihadapinya. 

"Latihan ini adalah untuk menguji sejauh mana hubungan komandan dan staf yang sudah dilaksanakan selama ini," ungkapnya.

Koordinasi dengan berbagai unsur dalam penanggulangan bencana di Pasaman selama ini, yakni antara TNI, Polri dan pemerintah daerah, menurut Danrem sudah cukup baik. 

Selanjutnya Brigjen TNI Mirza Agus menghimbau kepada seluruh peserta latihan agar berlatih dengan bersungguh-sungguh dan serius. Mengingat peserta latihan merupakan objek penilaian dari latihan, maka masing-masingnya harus benar-benar memahami apa tugas, peran dan fungsinya.

"Tempatkan personel sesuai dengan jabatannya dalam latihan ini, agar nantinya jika dihadapkan dengan kondisi yang sebenarnya sudah siap dan mengerti," himbau Mirza Agus

Lebih lanjut ia menekankan, pelatih harus memahami dengan benar mekanisme latihan. Dengan demikian, latihan bisa berjalan sesuai situasi yang akan dihadapi, sekaligus menciptakan realisme latihan seperti kejadian yang sesungguhnya.

"Jadi pelatih harus mengerti apa yang dilatihkan, termasuk pengawasan dan pengendaliannya," tegas Danrem 032/Wbr yang bertindak selaku Danlat Posko 1 Kodim 0305/Pasaman

Lebih lanjut ia menekankan, baik kepada pelatih maupun peserta, agar berlatih serius,  jangan asal-asalan. Ambil manfaat dari kegiatan latihan ini dengan mengetahui apa tujuan dan sasarannya. Selesai latihan adakan evaluasi, catat apa kelemahan atau kekurangan dari latihan yang sudah dilaksanakan ini untuk perbaikan pada latihan berikutnya.

"Selamat berlatih Bravo Kodim 0305/Pasaman!",  teriak jenderal bintang satu ini dengan penuh semangat.

Komandan Kodim 0305/Pasaman, Letkol Arh Pri Isdiyanto S.Pd, mengatakan, latihan Posko I, dilaksanakan selama tiga hari mulai Selasa (24/4/2018) hingga Kamis (26/4/2018) dengan tema "Kodim 0305/Pasaman Siap Membantu Pemda Menangani Bencana Alam di Wilayahnya".

"Tema ini sangat sesuai dengan tugas dan fungsi Kodim sebagai satuan teritorial yang harus selalu melekat kepada Pemda untuk membantu penanganan bencana alam yang terjadi," ungkap Dandim. 

(rel/ede)
 
Top