PADANG PARIAMAN, SUMBAR -- Dalam usia ke-189 tahun, Kabupaten Padang Pariaman telah menunjukkan keberhasilan dalam berbagai hal. Kepemimpinan Ali Mukhni dan Suhatri Bur sangat membanggakan. Selain kompak dan harmonis dalam membangun daerahnya, kekuatan lobi pasangan ini juga patut dipuji. Kepiawaian melobi hingga ke pusat berbuah fantastis. Hampir separuh APBN untuk pembangunan Sumbar, tercurah ke kabupaten yang dipimpin duet ini. 

Serangkaian kalimat bernada pujian tersebut dilontarkan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Padang Pariaman dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke 189 , Jum’at (11/1/2019), di gedung IKK kantor Bupati Padang Pariaman.

Lebih lanjut gubernur menguraikan, pembangunan berskala nasional di Padang Pariaman dengan pendanaan bersumber APBN antara lain Gedung Olah Raga (GOR), Man Islam Center dan Asrama Haji.

"Kesiapan kepemimpinan 24 jam, cepat tanggap terhadap bencana, kiat-kiat menuntaskan pembangunan, serta pemahaman akan tugas masing-masing patut menjadi contoh bagi kita semua,” ungkap gubernur, seperti dilansir relasipublik.com.

Rapat paripurna hari itu dibuka sekaligus dipimpin oleh Ketua DPRD H. Faisal Arifin. Rapat ini sendiri merupakan bagian dari sejarah, dimana tanggal 11 Januari telah ditetapkan hari jadinya Kabupaten Padang Pariaman, sesuai dengan Peraturan Daerah No 6 tahun 2014. Kabupaten Padang Pariaman sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka, sejak tahun 1833 lalu, di zaman penjajahan Belanda.

Faisal Arifin dalam sambutannya menekankan, peringatan HUT hendaknya menjadi momentum bagi pemerintah untuk introspeksi diri guna melanjutkan pembangunan daerah, dalam menghadapi tantangan masa kini, sekaligus menjadikan masyarakat cerdas, adil dan bermartabat.

“Peringatan ini kita jadikan evaluasi dan menyampaikan identitas diri demi mensejahterakan kehidupan masyarakat ke depan yang lebih baik lagi,” paparnya.

Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni, dalam sambutannya mengatakan, dalam momentum peringatan HUT ke 189 Kabupaten Padang Pariaman juga dibuka Gerai Pelayanan untuk Rakyat Padang Pariaman (Gapura PAPA) di halaman kantor Bupati Padang Pariaman selama 3 hari mulai tanggal 9 hingga 11 Januari 2019.

Gerai ini, lanjut Ali Mukhni, menyediakan pelayanan publik dari sejumlah instansi pemerintahan di Kabupaten Padang Pariaman, seperti pelayanan kesehatan, pelayanan administrasi kependudukan, dan pelayanan lainnya.

Pemerintah Padang Pariaman juga melaksanakan serangkaian kegiatan bahkti sosial seperti donor darah, bazaar pelayanan, lomba lari 10 K, serta hiburan menampilkan tadisi anak nagari.

“Sukses peringatan HUT kabupaten kita ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak,  termasuk 103 nagari yang ikut meramaikan melalui promosi adat budaya seperti makan bajamba dan pameran hasil produktivitas UMKM masyarakat Padang Pariaman,” ujar Ali Mukni.

Rapat paripurna istimewa DPRD ini dihadiri oleh Gubernur Sumbar, Bupati dan Walikota se Sumbar, aggota DPRD se Sumbar, Forkopimda, sejumlah tokoh baik tingkat kabupaten dan kota, provinsi maupun nasional. 

(rlp/ede)
 
Top