Kompol Maman Rosadi
Wakapolres Mentawai
f: dok.covesia
MENTAWAI, SUMBAR -- Kepolisian Resor Kepulauan Mentawai menggelar Perayaan Natal Bersama jajaran Kodim 0319 dan Pemkab Kepulauan Mentawai, bertempat di Gereja IFGF Km 4 Tua Peijat, Kamis (5/12/2019).  

Kendati tak dihadiri oleh bupati, wakil bupati dan kapolres disebabkan masing-masingnya sedang dinas luar, namun acara tetap berlangsung meriah. Segenap undangan tampak antusias dan sukacita. Sejumlah unsur Forkopinda tampak hadir mewakili jajaran Muspida.

Kapolres melalui Wakapolres Mentawai Kompol Maman Rosadi, SH, mengatakan, ini adalah hari yang bahagia khususnya bagi Polres Mentawai. "Tahun ini kita bisa melaksanakan perayaan natal bersama, sebuah kegiatan yang bertujuan mempererat tali silaturahmi antar seluruh lapisan masyarakat khususnya di Kabupaten kepulauan Mentawai," ungkapnya.  

"Perayaan natal ini sangat baik, tidak ada perbedaan antara kita. Toeransi umat beragama masih sangat baik, itu yang kita pupuk terus menerus," terang mantan Kabag Ops Polres Mentawai tersebut.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa ini adalah kali kedua Polres Mentawai menggelar hajatan natal bersama. Yang pertama kali tahun 2018 lalu dimasa kepemimpinan Kapolres AKBP Hendri Yahya (sekarang Kapolres Pasaman-red), bertempat di gereja yang sama. "Mudah-mudahan tahun besok acara perayaan yang bahagia ini berlanjut dengan lebih melibatkan Pemkab Mentawai itu sendiri," harapnya.

Maman Rosadi menegaskan bahwa pihaknya menjamin keamanan dan kenyamanan umat Kristiani di Mentawai selama perayaan Natal dan menyambut tahun baru  2020. "Kita senantiasa berupaya menciptakan situasi kondusif di wilayah hukum Polres Mentawai," imbuhnya.

Ia juga menyampaikan permohonan maaf karena kapolres tidak bisa menghadiri acara natal bersama disebabkan pada waktu bersamaan sedang ada kegiatan pula di luar daerah.

Pada akhir sambutannya, wakapolres menghimbau semua pihak untuk senantiasa menjaga dan merawat kebersamaan yang telah terjalin baik selama ini. 


"Mari kita jaga kebersamaan ini. Sebagai sesama manusia kita harus selalu berdampingan tanpa memandang perbedaan suku, adat, ras dan agama," tutupnya. 

Dandim 0319 Mentawai, Letkol Czi Didit Yusnadi mengajak segenap hadirin yang merayakan natal untuk sama-sama memsyukuri moment berkumpulnya jajaran pemerintah serta masyarakat dalam perayaan hari kelahiran Sang Juru Selamat.

"Mari kita sama-sama berbahagia di hari yang indah ini. Perayaan natal bersama tahun 2019  adalah moment penting bagi kita semua demi mewujudkan keamanan, keutuhan dan kerukunan antar umat beragama di Mentawai," paparnya. 

Dandim 0319 Mentawai berharap moment ini menjadi agenda tahunan dengan tetap melibatkan Pemkab Mentawai itu sendiri, karena perayaan ini adalah moment menyatukan umat, demi mewujudkan Mentawai yang lebih baik kedepannya. 


"Masing-masing kita harus selalu optimis. Semoga dengan damai natal bersama mendapatkan semangat kehidupan yang baru di tahun depan. Sinergitas harus dibangun dalam mengamalkan natal dan tahun baru kali ini," seru Dandim.

Tokoh masyarakat setempat, R Sapalakkai, memuji inisiatif Polres Mentawai mengelar perayaan natal bersama. "Ini sungguh luar biasa karena disini terlihat tidak ada perbedaan, toleransi masih dipertahankan hingga saat ini," ungkapnya. 

(ash/ede)
 
Top