MENTAWAI, SUMBAR – Dalam rangka penyegaran di awal tahun 2020, sebanyak 174 personel Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kepulauan Mentawai mengikuti pelatihan kesemaptaan guna memacu kedisplinan, mental dan fisik.

Dilaksanakan di halaman kantor Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kamis (9/1/2020), pelatihan ini menghadirkan Kodim 0319/ Mentawai dan  Satuan Binmas Polres Kepulauan Mentawai.

Kasiops Kodim 0319/Mentawai, Lettu Inf. Efrizal, mengatakan, pelatihan kesemaptaan bagi anggota Damkar dan Satpol PP ini dilaksanakan demi meningkatkan kedisplinan dan pengetahuan dalam menjalankan tugas di lingkungan Pemkab Kepulauan Mentawai.

"Melalui pelatihan ini  anggota Satpol PP dan Damkar ditempa secara fisik dan wawasan kebangsaan, sehingga lebih loyal dan profesional dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing. Bagus di lapangan, taat administrasi, dan berawawasan kebangsaan,” ucap Efrizal yang dalam pelatihan kali ini langsung bertindak selaku instuktur dari Kodim 0319/ Mentawai. 

Ia menilai, akhir-akhir ini jiwa-jiwa kedisiplinan pada anggota Damkar dan Satpol PP sudah mulai luntur, disamping timbul sikap-sikap kurang respek terhadap pimpinan.

“Satpol PP itu ibarat penegak hukum atau polisinya pemda, seharusnya mereka berbuat dulu dan respek terhadap pimpinan dan proaktif menertibkan oknum PNS indisipliner yang ada di lingkungan Pemkab Kepulauan Mentawai,” urainya.

Terkait materi pelatihan, menurut Efrizal peserta digembleng secara jasmani, rohani serta lebih ditempa wawasan kebangsaan masing-masing, sehingga timbul jiwa merah putih di organisasi  Satpol PP dan Damkar. Selain itu dalam melaksanakan tugas selalu waspada dan gesit serta dapat mengambil langkah-langkah yang tepat di lapangan.

Umpan balik dari pelatihan kesemaptaan ini nantinya, lanjut Efrizal, anggota Satpol PP dan Damkar diharapkan bisa lebih paham bagaimana mejalankan tugas dengan baik serta memiliki tanggungjawab penuh. Melalui latihan semi militer, keinginan Pemkab Kepulauan Mentawai memiliki personel-personel Satpol PP dan Damkar yang tangguh lagi loyal, hendaknya terpenuhi. 

(ers)
 
Top