MENTAWAI, SUMBAR – Di usianya yang ke 74 tahun, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Mentawai berupaya selalu menjaga eksistensi. Bukan hanya eksis berkiprah, namun selalu meningkatkan kinerja baik KUA, para penyuluh PNS maupun non PNS dalam melayani umat di "bumi sikerei".

“Kita patut berbangga, karena upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke 74 perdana yang dilaksanakan bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai berlangsung lancar dan meriah," ungkap Kepala Kantor Kemenag Mentawai, Masdan, di Tuapeijat, Jumat (3/1/2020).

Masdan lebih lanjut memaparkan bahwa sebelum itu pihaknya juga telah melaksanakan kegiatan jalan santai kerukunan di jajaran Kemenag Mentawai dengan melibatkan seluruh ASN, penyuluh, tenaga honor, para tokoh agama unsur Forkopimda serta masyarakat.

Kemudian dilanjutkan dengan pembagian dooprize. Dimana penyumbang dooprize di HAB Kemenag ada yang memberikan seekor kambing. "Seluruh kegiatan tidak memberikan materi, tetapi kedepan bagaimana memotivasi masyarakat apa yang diberikan berdaya guna bagi yang membutuhkan," tutur Masdan.

Hari ini, kata Masdan, dilaksanakan ekspos sejumlah potensi kegiatan Kemenag Mentawai dan juga ada tanya jawab terkait progam kegiatan. Setidaknya momen HAB ini menyatukan persepsi, menjaga, melestarikan kerukunan antar umat beragama di Mentawai.

“Meski ada isu-isu yang terjadi di luar, namun di mentawai kita yakinkan kepada umat bahwa kita dalam keadaan aman dan kondusif,” ujarnya meyakinkan. 

Lebih lanjut dikatakan masdan, momen HAB Kemenag ini, bagaimana menimbulkan komitmen untuk semua ASN kementerian agama bekerja melayani dengan ihklas serta merakit kebersamaan dengan ASN Pemkab Mentawai, unsur Forkopimda, intansi vertikal dan tokoh agama.

“Kami yakinkan bahwa kantor Kemenag Mentawai adalah rumah besarnya umat beragama di Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan menyatukan persepsi bersama satu keluarga besar kemneterian agama”, ucapnya.

Masdan juga berpesan kepada seluruh ASN Kemenag Mentawai agar komit melayani umat, termasuk toko agama sebagai mitra Kemenag untuk senantiasa berkoordinasi dalam menjaga dan mengamankan umat masing-masing di "bumi sikerei".

(ers)
 
Top