Maswar Dedi
Kepala DPM PTSP Sumbar
PADANG -- Dalam upaya mengurangi angka kemiskinan di Provinsi Sumatera Barat, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) setempat berharap investasi di provinsi ini bisa menyerap tenaga kerja.

Menurut Kepala DPMPTSP Sumbar, Maswar Dedi, salah satu faktor penyebab kemiskinan adalah tingginya tingkat pengangguran dan jumlah pendapatan per kapita.

“Peningkatan investasi di Sumbar diharapkan dapat menyerap banyak tenaga kerja sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan jumlah pendapatan per kapita,” ungkap Maswar Dedi kepada awak media setempat, Sabtu (21/11/2020).

Menurutnya lagi, investasi dalam jumlah yang besar akan menimbulkan dampak positif terhadap pembangunan di sekitarnya. Mulai dari tumbuhnya pusat ekonomi baru, pasar, pertokoan, rumah makan dan fasilitas pendukung lainnya.

“Hal ini juga memberikan dampak terhadap peningkatan pendapatan masyarakat di sekitar lokasi proyek investasi dan pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” urainya.

Dalam upaya peningkatan investasi di bidang pembangunan dan daerah tertinggal, diharapkan lebih banyak peran pemerintah dari pada pihak swasta dalam pembangunan infrastruktur seperti akses jalan/ transportasi, akses komunikasi, air bersih, irigasi, kesehatan, pendidikan dan pelayanan lainnya. "Semua demi memudahkan masyarakat di daerah tertinggal melakukan aktivitas ekonomi dan sosial ,” lanjutnya.

Salah satu program unggulan Gubernur Sumbar dan Wakil Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dan Nasrul Abit adalah percepatan penurunan angka kemiskinan, pembangunan dan daerah tertinggal menjadi fokus utama. 

"Adanya investasi di suatu daerah tentu saja sangat berpengaruh terhadap penurunan angka kemiskinan, pembangunan dan daerah tertinggal," di akhir urainnya.

(sep/ede)

 
Top