BUKITTINGGI, SUMBAR -- Wartawan senior yang juga dikenal sebagai budayawan dan pengarang lagu, Rhian D'Kincai, saat ini terbaring lemah di Rumah Sakit Stroke, Kota Bukittinggi. 

Da Yan, demikian rekan-rekan jurnalis maupun kalangan sastra akrab menyapanya, masuk Rumah Sakit Stroke Kota Bukittinggi menjelang maghrib, Kamis (9/11/2020) ini. Demikian kabar yang beredar di sejumlah group What'Apps (WA). 

Kabar sakitnya Rhian D'Kincai beredar di group-group WA kalangan jurnalis, rekan-rekan sejawat serta group khusus para karyawan di perusahaan media yang ia pimpin. Rata-rata mendoakan, semoga sosok yang identik dengan kumis dan rambut putih gondrong khas seniman ini segera pulih, diberikan kesembuhan oleh Allah Swt.

Da Yan atau Rhian D'Kincai merupakan Pemimpin Umum sekaligus Penanggung Jawab di media online www.portalberitaeditor.com dan Tabloid Mingguan Editor. 

Pada masa mudanya, di era orde baru, ia pernah bekerja sebagai wartawan di Harian Umum Semangat. Ia dipercaya sebagai pengasuh halaman hiburan di koran harian milik ABRI yang dulu berkantor di Jalan Imam Bonjol, Padang, tersebut. 

Selaku budayawan, Rhian D'Kincai telah melanglang buana ke berbagai belahan dunia untuk membacakan puisi-puisi karyanya atau sekedar mengikuti seminar-seminar internasional kalangan budayawan atau sastrawan. 

Sedangkan selaku pencipta lagu, lagu-lagu karyanya pernah masuk dapur rekaman. Bahkan mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang juga mantan Gubernur Sumatera Barat, H. Gamawan Fauzi, pernah menyanyikan satu album lagu ciptaan Rhian D' Kincai. Kala itu Gamawan masih menjabat Bupati Solok. 

(oca/ede)


 
Top