PADANG -- Melalui inisiasi Kapolda Sumbar bersama Pemerintah Kota Padang, maka terwujudlah kawasan percontohan aman Covid-19 di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Kawasan tersebut dinamai "Nagari Tageh Rumah Gadang", yang artinya "Kawasan tangguh yang berada di Ranah Minang".

Inisiasi kapolda bersama Pemko Padang mewujudkan kawasan aman Covid-19 tersebut mendapat pujian dari Wakil Gubernur Sumbar, H. Nasrul Abit. Hal itu diungkapkannya dalam acara peresmian "Nagari Tangguh Rumah Gadang" yang berlokasi di Komplek Puri Berlindo Sumber Mas, Kubu Dalam Parak Karakah, Kecamatan Padang Timur, Kamis (25/6/ 2020).

Orang nomor dua di Sumbar itu lebih lanjut menjelaskan bahwa daerah percontohan aman Covid ini dimaksudkan manjadi pilot project dan contoh bagi daerah lain. Dengan adanya nagari percontohan ini, kedepannya diharapkan akan muncul nagari-nagari percontohan aman covid lain di Sumbar.

Selain itu wagub memaparkan bahwa "nagari tageh" yang berada di kawasan Puri Berlindo ini dilengkapi dengan fasilitas keamanan, sosial ekonomi, kesehatan dan fasilitas informasi.

Ia juga menyampaikan bahwa pasca Covid-19 dan memasuki new normal, komplek Puri Berlindo menyediakan tempat isolasi, dapur umum dan perekonomiannya juga jalan. Terlihat dari banyaknya home industry di komplek tersebut.

"Suatu model nagari yang harus dicontoh untuk membuat Nagari Tageh di Kabupaten/Kota yang lain," ujarnya antusias.


Sementara itu, Kapolda Sumbar Irjen Pol. Toni Harmanto  MH, menjelaskan, terbentuknya Nagari Tageh ini sesuai Instruksi Presiden serta menjawab isu-isu Covid-19, terutama isu-isu keamanan. Maka melalui kerjasama Forkompinda, Kapolres, Babinkamtibmas maka dibentuklah Nagari Tangguh. Ia memproyeksikan 36 daerah lagi di Sumbar yang nantinya akan jadi kawasan percontohan.

"Mudah-mudahan menjadi role model bagi tempat lain," harap orang nomor satu di jajaran Polda Sumbar tersebut.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Walikota dan Wakil Walikota Padang, Danrem 0312 Wirabraja, Kapolresta Padang  Camat Padang Timur, Kapolsek Padang Timur, Babinkamtibmas, Dinas Kesehatan Kota Padang, serta sejumlah wartawan media cetak, online dan elektronik yang diundang meliput.

(rel/oel)




 
Top