Sesudut destinasi indah Austria
HAMPIR seluruh negara di Eropa telah membuka kembali perbatasannya bagi wisatawan. Meski demikian, ada syarat juga aturan yang mesti dipatuhi para pendatang.

Pada pekan ini, ada beberapa tambahan negara yang membuka perbatasannya untuk memulai industri pariwisata di masa new normal. Rata-rata, negara di Eropa ini hanya terbuka untuk turis regional atau dalam kawasan benua biru saja.

Berikut ini aturan baru dari 31 negara di Eropa:

1. Austria
Austria membuka perbatasannya untuk wisatawan dari 31 negara Eropa pada 16 Juni tetapi pembatasan karantina tetap berlaku untuk wisatawan dari Portugal, Swedia, Spanyol atau Inggris yang tidak menyertakan tes COVID-19.

2. Belgia
Pada 15 Juni, Belgia membuka perbatasannya ke semua negara anggota UE, juga untuk Norwegia, Swiss, Islandia, dan Inggris. Tidak ada persyaratan karantina.

3. Bulgaria
Bulgaria terbuka untuk pelancong dari UE, serta Inggris, Bosnia, Serbia dan Montenegro. Orang-orang yang datang dari Belgia, Portugal, Swedia, Belanda dan Inggris harus menjalani karantina wajib 14 hari.

4. Kroasia
Wisatawan dari Austria, Republik Ceko, Estonia, Jerman, Hongaria, Latvia, Lithuania, Polandia, Slovakia, dan Slovenia diizinkan masuk. Warga negara dari negara UE lainnya harus menunjukkan alasan yang baik, seperti pemesanan akomodasi. Kroasia masih tertutup bagi wisatawan dari luar Eropa.

5. Siprus 
Siprus telah membagi negara menjadi dua kategori, A dan B, berdasarkan tingkat infeksi Corona. Negara-negara dalam kategori A telah diizinkan untuk melakukan perjalanan ke Siprus sejak 8 Juni.

Mulai 20 Juni, negara-negara dari kategori B akan diizinkan masuk. Larangan masuk bagi warga negara dari Inggris, Irlandia, Prancis, Spanyol, Italia tetap berlaku hingga 1 Juli.

6. Republik Ceko
Republik Ceko telah mengeluarkan sistem bagi wisatawan yang datang dari negara-negara berisiko rendah (ditandai dengan warna hijau) diizinkan masuk tanpa masalah. Orang-orang dari negara berisiko menengah (orange) atau berisiko tinggi (merah) akan ditolak aksesnya.

Destinasi indah dan sejuk di Denmark
7. Denmark
Denmark telah membuka perbatasan daratnya bagi pengunjung dari Jerman dan Norwegia, dan mengizinkan wisatawan dari Islandia yang bisa menunjukkan bukti akan tinggal selama enam malam. Perbatasannya tertutup bagi warga negara lain hingga September.

8. Estonia
Estonia membuka perbatasannya untuk pengunjung dari 24 negara Eropa yang berisiko rendah pada 1 Juni tanpa persyaratan karantina. Wisatawan dari negara di luar daftar harus mengkarantina atau menunjukkan surat negatif COVID-19.

9. Finlandia
Finlandia mengurangi pembatasan pengunjung dari Norwegia, Denmark, Islandia, Estonia, Latvia dan Lithuania. Negara ini tetap tertutup untuk negara-negara lain hingga 14 Juli.

10. Prancis
Perbatasan sekarang terbuka untuk sebagian besar negara Eropa. Wisatawan dari Inggris wajib karantina selama 14 hari.

11. Jerman
Jerman membuka kembali semua perbatasan pada 15 Juni. Larangan masuk tetap diberlakukan pada wisatawan dari luar Eropa.

12. Yunani
Penerbangan internasional Yunani dilanjutkan kembali kemarin, kecuali ke destinasi yang berisiko tinggi atas rekomendasi EASA. Wisatawan dari Perancis, Inggris, AS dan Belgia harus dites dan karantina wajib.

Wisatawan dari negara-negara berisiko rendah di luar Eropa seperti Australia, Selandia Baru, Jepang, Korea Selatan, China, Lebanon, dan Israel diizinkan masuk ke Yunani.

13. Hungaria
Hungaria telah membuka sebagian perbatasannya bagi warga negara Austria, Kroasia, Republik Ceko, Jerman, Slovakia, Serbia, dan Slovenia. Pelancong dari tempanegarat lain dilarang hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Surga tersembunyi di Islandia
14. Islandia
Islandia membuka perbatasannya pada 15 Juni tetapi pengunjung diharuskan menjalani tes COVID-19 pada saat kedatangan dan mengunduh aplikasi pelacakan kontak. Turis dari luar Eropa masih dilarang masuk.

15. Irlandia
Perbatasan Irlandia lebih terbuka sepanjang lockdown tetapi wajib karantina selama 14 hari tetap berlaku bagi sebagian besar pengunjung, kecuali bagi mereka yang tiba di seberang perbatasan dari Irlandia Utara.

16. Italia
Perbatasan telah dibuka sejak 3 Juni untuk semua negara anggota wilayah UE dan Schengen, serta Inggris. Tidak ada persyaratan karantina kecuali jika wisatawan datang dari negara di luar Eropa.

17. Latvia
Latvia telah menghapuskan karantina pada pelancong yang datang dari negara-negara Eropa dengan tingkat infeksi rendah. Daftar ini diperbarui setiap hari Jumat.

18. Lithuania
Lithuania telah membuka perbatasannya bagi para pelancong yang datang dari 24 negara Eropa, tanpa persyaratan karantina 14 hari. Daftar negara yang diizinkan memasuki Lithuania direvisi setiap hari Senin.

19. Luksemburg
Luksemburg tidak memiliki batasan untuk turis dari negara-negara Eropa.

20. Malta
Turis dari sebagian besar negara Uni Eropa dan Schengen dapat mengunjunginya mulai 1 Juli dengan pengecualian. Turis dari Swedia, Inggris dan daerah berisiko tinggi di Italia, Polandia, Spanyol dan Prancis dilarang sampai pemberitahuan lebih lanjut.

21. Belanda
Belanda telah menghapus pembatasan dan karantina bagi turis UE dan negara-negara Schengen lainnya, kecuali untuk Swedia dan Inggris. 

22. Norwegia
Norwegia menerima turis dari negara-negara tetangga Nordic, kecuali Swedia, dan akan meninjau kembali pembatasan perjalanan pada 20 Juli.

23. Polandia
Perbatasan Polandia terbuka untuk wisatawan dari negara Uni Eropa tanpa persyaratan wajib karantina.

24. Portugal
Portugal memulai kembali perjalanan udara internasional bulan ini di negara-negara Eropa dan negara-negara yang lebih jauh, termasuk AS. Tidak ada persyaratan wajib karantina.

25. Rumania
Wisatawan dari UE, serta Swiss, Liechtenstein, Islandia, dan Norwegia diizinkan untuk melakukan perjalanan ke Rumania.

26. Slovakia
Perbatasan Slovakia terbuka bagi warga negara dari sebagian besar negara di Eropa. Pengecualian hanya untuk yang dianggap berisiko tinggi seperti dari Swedia dan Inggris.

27. Slovenia
Perbatasan Slovenia terbuka untuk warga negara dari sebagian besar negara-negara Eropa. Namun ada syarat wajib karantina dua minggu bagi turis Swedia, Inggris dan negara-negara non-UE termasuk Rusia.

28. Spanyol
Mulai 21 Juni, Spanyol akan mengizinkan masuk para turis dari daerah Schengen. Wisatawan dari negara Eropa lainnya diterima mulai 1 Juli.

29. Swedia
Swedia akan mencabut pembatasan perjalanan bagi turis Belgia, Kroasia, Prancis, Yunani, Luksemburg, Portugal, Slovenia, Spanyol, dan Swiss pada 30 Juni. Peringatan perjalanan yang tidak penting masih diberlakukan terhadap seluruh warga Eropa hingga saat ini.

30. Swiss
Semua pembatasan dicabut dan tidak ada wajib karantina bagi mereka yang datang dari negara-negara UE, serta Norwegia, Islandia, Liechtenstein, dan Inggris.

31. Inggris
Perbatasan Inggris tidak pernah ditutup. Tapi, sejak awal Juni diperlukan wajib karantina 14 hari untuk semua wisatawan selain dari Irlandia, Kepulauan Channel, dan Guernsey.

Sumber: detik


 
Top