JAKARTA -- Jalan Tol Pekanbaru - Dumai (Permai) sepanjang 131 km bakal segera beroperasi. Tampak dengan telah dilaksanakannya proses Uji Laik Fungsi (ULF) yang dilakukan mulai dari seksi 2 (Minas - Kandis Selatan) hingga seksi 6 (Duri Utama - Dumai). Adapun seksi 1 (Pekanbaru - Minas) sepanjang 9,5 km telah dibuka secara fungsional pada Mei lalu.

Senior Executive Vice President (SEVP) Divisi Pengembangan Jalan Tol (PBJT) Hutama Karya, Agung Fajarwanto, menyatakan, kegiatan ULF yang dilakukan 17-19 Juni 2020 lalu berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Jadi selama tiga hari tersebut, kami bersama beberapa stakeholder melakukan rangkaian ULF mulai dari pembukaan, peninjauan ke lapangan, hingga pembahasan atas temuan catatan dari kegiatan ULF ini," ungkap Fajar dalam keterangan tertulis, Rabu (24/6/2020).

Fajar juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak terhadap pembangunan Tol Permai.

"Berkat usaha terbaik perusahaan untuk terus mendukung terealisasinya pengoperasian JTTS ruas Pekanbaru - Dumai sepanjang 131 km sesuai dengan arahan Kementerian PU, kami telah melaksanakan ULF sebagai bagian dari tahapan operasional jalan tol," tambahnya.

Penyelesaian tol ini juga dapat terealisasi berkat kolaborasi Hutama Karya dengan anak perusahaannya yakni PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) sebagai kontraktor dan PT Hakaaston (HKA) sebagai penyuplai aspal. Sebagai informasi, tim ULF Tol Permai terbagi menjadi 3 (tiga) sub tim yakni Sub Tim 2 Bidang Sarana Jalan, Jembatan dan Bangunan Pelengkap; Sub Tim 3 Bidang Operasi dan Administrasi; dan Sub Tim 1 Bidang Keselamatan.

Kegiatan ULF hingga saat ini masih terus berlangsung dengan agenda pengecekan oleh Sub Tim 1 Bidang Keselamatan. Saat ini perusahaan tengah menunggu hasil ULF Tol Permai untuk dapat diterbitkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR.

"Kami optimis semua proses ini dapat terlewati dengan baik sehingga Tol Permai yang telah dinanti masyarakat Riau dapat segera beroperasi," pungkasnya.

Sumber: detik


 
Top