PADANG -- Narkoba merupakan salah satu musuh besar penghancur generasi bangsa yang menuntut sinerji segenap elemen bangsa untuk bersama-sama mencegah sekaligus memberantas peredarannya.

Sehubungan hal tersebut, Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) sangat mendukung program pemberantasan narkoba yang diusung oleh segenap elemen masyarakat di wilayah hukumnya, termasuk saling bersinergi demi menyelamatkan generasi bangsa dari bahaya narkoba.

"Kami butuh masukan-masukan dari masyarakat termasuk dari lembaga swadaya masyarakat atau LSM, sehingga tugas dan fungsi pengayoman dan perlindungan masyarakat yang ada pada Polri lebih teraplikasi optimal," ungkap Wakapolda Sumbar Brigjen Pol. Edi Mardianto saat menerima kunjungan kerja dan silaturahmi DPD LSM Forum Peduli Bangsa Indonesia (Fopbindo) Sumbar, di mapolda, Kamis (22/4/2021) lalu.

Bahkan, wakapolda dalam kapasitas mewakili Kapolda Sumbar Irjen Pol. Toni Harmanto, pada kesempatan itu meminta kepada Fopbindo dan masyarakat Sumbar pada umumnya agar segera melaporkan bilamana ada oknum anggota Polda Sumbar yang terlibat tindak penyalahgunaan narkoba. "Segera laporkan, pasti kami tindak!," tegasnya.

Menanggapi permintaan Kapolda Sumbar tersebut, selain menyatakan kesiapan, Ketua DPD LSM Fopbindo Sumbar Ahmad Husein sekaligus mengapresiasi komitmen Polda Sumbar dalam pemberantasan narkoba. Bukti nyata, sepanjang tahun 2020 Polda Sumbar telah memberhentikan secara tidak hormat 23 oknum polisi terjerat kasus narkoba.

"Kita sangat apresiasi, ini bukti nyata komitmen Polri, sesuai perintah Bapak Kapolri, anggota terlibat narkoba, tidak bisa dibina maka dibinasakan," ujarnya.

Sementara Darlinsah selaku Sekretaris DPD LSM Fopbindo Sumbar menyampaikan bahwa sejauh ini pihaknya telah melaksanakan beberapa kali seminar tentang bahaya narkoba yang pesertanya berasal dari kalangan pelajar. Menurutnya, serangkaian kegiatan tadi termaktub dalam program kerja Fopbindo, selaras dengan program Polri dalam upaya pemberantasan narkoba.

Sehubungan kunjungan kerja dan silaturahmi DPD LSM Fopbindo Sumbar, wakapolda yang hari itu didampingi Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol. Satake Bayu sangat mengapresiasi sekaligus mengucapkan terimakasih, diharapkan semakin meningkatkan silaturrahmi dan sinerji kemitraan.

"Kita ucapkan terimakasih atas kunjungan Fopbindo. Polda Sumbar memang sangat butuh masukan-masukan dari masyarakat termasuk dari LSM," ungkap Wakapolda Edi Mardianto. 

Sebagai masukan tambahan, Kabid Humas Polda Sumbar menyarankan supaya FPD Fopbindo Sumbar membuat program kerja berikutnya lalu menyampaikan ke Polda Sunbar untuk diberi support. 

"Seperti yang disampaikan Bapak Wakapolda tadi, kita Polda Sumbar mendukung program pemberantas narkoba ini. Mari kita bersinerji untuk menyelamatkan generasi bangsa," ajak Kombes Pol Satake Bayu Setianto.

(*/ede)





 
Top