MENTAWAI, SUMBAR – Guna memastikan kepatuhan masyarakat dalam disiplin protokol kesehatan, Kapolres Mentawai bersama unsur Forkopimda turun ke lapangan memberikan masker kepada pengguna jalan.

“Hari ini kita bersama Forkopimda Mentawai berikan masker kepada penggendara roda dua maupun roda empat yang tidak menggunakan masker” ucap Kapolres Mentawai, AKBP Mu’at, SH,MM, Rabu (21/4/2021).

Pemberian masker secara gratis ini, papar kapolres, agar masyarakat tidak lagi mengabaikan protokol kesehatan sekaligus memberikan edukasi dan pemahaman, agar patuh dengan aturan yang ditetapkan pemerintah.

Melonjaknya kasus Covid-19 di Mentawai akhir-akhir ini, sebut Kapolres dikarenakan masyarakat banyak mengabaikan aturan prokes. Guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah Mentawai sangat perlu kesadaran diri setiap masyarakat untuk memastikan kesehatan dengan menerapkan 5 M.

Makna gerakan 5M protokol kesehatan adalah sebagai pelengkap aksi 3M. yaitu:

Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak,

Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi.

Di sisi lain, masih banyak orang yang melanggar bahkan belum tahu dengan protokol kesehatan terbaru gerakan 5M Covid -19.

Kebijakan tersebut dibuat pemerintah guna memerangi virus corona yang tampak semakin ganas dari hari ke hari. Maka dari itu virus ini tidak bisa dianggap sepele.

Jika sebelumnya Mentawai tidak ada mengalami kematian akibat Covid-19, namun akhir-akhir ini Mentawai "pecah telur" dengan adanya warga meninggal.

Tak hanya itu Mentawai untuk di tingkat Sumatera Barat termasuk salah satu yang terbaik dalam penanganan Covid-19 dikarenakan selama tahun 2020 tidak ada kasus kematian akibat terpapar virus jahat asal Wuhan Tiongkok tersebut.

"Dalam hal ini kita harus belajar dari pengalaman yang terjadi, maka dari itu saya selaku Kapolres Mentawai mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi prokes agar terhindar dari serangan virus Corona," ujar Mu'at.

Selain itu, lanjutnya, ikuti aturan pemerintah yang telah  ditetapkan dengan melakukan swab atau vaksinasi demi memastikan kesehatan, guna mengantispasi terjadinya penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.

(hrs/oel)





 
Top