LAMPURA, LAMPUNG -- Sebagai upaya membangun dan memperkuat pondasi agama anak-anak sejak dini, seorang Bhabinkamtibmas menggandeng dua ustadzah dan seorang ustadz untuk bersama-sama mendirikan Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) di wilayah tugasnya.

Adalah Bripka Yovan Wijaya, SH, salah satu Bhabinkamtinmas di Desa Kali Balangan, Kecamatan Abung Selatan, Kabupaten Lampung Utara. Sejak 2019 lalu, ia bersama Ustadzah Leni, Ustadzah Suri dan Ustadz Salim mendirikan Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Nurul Hikmah. 

TPQ Nurul Hikmah memiliki slogan TAAT (Taqwa, Akhlakul Karimah, Aktif, Toleransi) bersama Bhabinkamtibmas, yang dibuat dengan tujuan agar para santri dapat senantiasa menjadi Insan yang bertaqwa kepada Allah Swt, dapat terbentuk akhlakul karimah yaitu perbuatan atau prilaku yang baik dan terpuji serta senantiasa tetap aktif dalam lingkungan skala kecil (dusun, desa) untuk mendapatkan pelajaran khususnya Al-Qur'an dan Islam sebagai agama yang Rahmatan Lil Alamin.

Tanpa dipungut biaya, TPQ Nurul Hikmah siap memberikan bimbingan dan materi agama untuk anak-anak di Kecamatan Abung Selatan dengan 3 prinsip dasar yaitu taat kepada perintah Allah Swt dan Rasullullah SAW, taat kepada orang tua dan guru, serta taat kepada pemerintah yang sah dan hukum yang berlaku di NKRI.

Selain memberikan pemahaman tentang agama dan nilai-nilainya, TPQ Nurul Hikmah juga memberikan materi terkait kebangsaan agar anak-anak sejak usia dini mendapatkan pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila, Nasionalisme dan Toleransi terhadap seluruh warga negara guna mencegah paham radikal, terorisme dan perilaku intoleransi.

Saat ini, jumlah santri TPQ Nurul Hikmah mencapai 50 orang. Dengan adanya TPQ "TAAT bersama Bhabinkamtibmas" tersebut, kedepannya diharapkan dapat membantu pemerintah khususnya Polri agar dapat memonitor, meminimalisir dan mencegah berkembangnya paham- paham radikal, terorisme dan intoleransi yang dapat memecah belah persatuan NKRI.

Peran TPQ di masa pandemi Covid-19 menjadi sangat penting agar anak-anak tetap aktif di lingkungan skala kecil (RT, dusun, desa), tentunya dengan peran serta Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak Polri dan pemerintah yang hadir di tengah-tengah masyarakat.

#rel/ede





 
Top