MENTAWAI, SUMBAR -- Komandan Korem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Kodim 0319/ Mentawai dari Letkol. Czi Didid Yusnaidi kepada Letkol, Czi Bagus Mardyanto.

Rangkaian pelaksanaan sertijab dilangsungkan dengan pengambilan sumpah serta penandatanganan pakta integritas, selanjutnya pelepasan tanda pangkat dan tongkat komando. Upacara sertijab ini dilaksanakan di lapangan Makodim 0319/Mentawai, Selasa (7/1/2020).

“Selain serah terima jabatan, kita sekaligus melihat progres kegiatan Kodim 0319/Mentawai, dilanjutkan dengan peninjauan progres Trans Mentawai serta melihat kendala dalam menyikapi perubahan iklim di wilayah Pulau Siberut," beber Kunto Arief.

Kepada dandim yang baru, jendral bintang satu ini berpesan untuk melanjutkan tanggungjawab yang sudah ada serta mengoptimalkan yang masih berlangsung di internal seperti kebutuhan personil yang masih banyak kurang, serta meningkatkan lagi prasarana di Kodim 0319/Mentawai.

Terkait pembangunan jalan Trans Mentawai yang saat ini masih dikerjakan, orang nomor satu di Korem 032/Wirabraja ini berharap semua pihak kompak. Dalam meyikapi suatu kebijakan, positifnya dulu yang diambil, sehingga semuanya bisa diambil manfaatnya dan mawas suatu perkembangan.

“Kita sangat mengharapkan kekompakan, karena Mentawai adalah daerah kepulauan yang serba jarak jauh, termasuk bantuan dari pusat juga jauh, otomatis potensi lokal yang harus kita support,” kata Kunto Arief.

Soal penambahan personel, menurutnya hal itu sesuai dengan ketetapan organisasi atau mandat. Untuk kebutuhan personel di Kodim setidaknya berjumlah satu kompi.

Di sisi lain, Kunto Arief mengatakan,  dengan adanya program pulau terluar dalam penerimaan prajurit TNI-AD sekaligus adanya kebijakan dari pimpinan, untuk penambahan personel, itu diambil dari lokal sesuai kekosongan yang ada di kodim. 

(ers)
 
Top