PADANG -- Dua hari menjelang pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke-28 di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), kafilah dari sejumlah provinsi mulai melakukan registrasi ulang.

Bertempat di Asrama Haji Tabing Padang, registrasi ulang peserta iven berskala nasional ini dimulai pukul 20.00 WIB, Kamis (12/11/2020) malam.

Kafilah yang melakukan registrasi ulang dimulai dari tuan rumah, Provinsi Sumbar. Selanjutnya Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Provinsi Riau. Sisanya sesuai jadwal yang telah ditetapkan panitia akan dilanjutkan hari ini, Jumat (13/11/2020) ini.

Dalam sambutannya sebelum registrasi dimulai, Kakanwil Kemenag H. Hendri menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh kafilah di Bumi Minangkabau.

“Mewakili pemerintah provinsi, Kanwil Kemenag dan seluruh masyarakat Sumbar mengucapkan selamat datang kepada semua kafilah, semoga selama berada di Sumbar bapak dan ibu merasa senang, kemudian puas dan bahagia serta bisa mengikuti MTQ Nasional dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya didampingi Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Setdaprov Sumbar dan sejumlah pejabat Kanwil Kemenag Sumbar.

Menurut Hendri, kafilah yang akan hadir pada iven nasional dua tahunan ini berjumlah sebanyak 1.476 orang, dengan pendamping dan pelatih sebanyak 1.166 orang.

“Jadi akan ada sekitar 2.642 orang yang akan berkumpul di Sumbar dari Sabang sampai Merauke dari Mianggas sampai Pulau Rote,” ujar Hendri.

Menyangkut Pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir, Hendri menyampaikan harapannya agar semua unsur yang terlibat dalam penyelenggaraan MTQN ke-28 ini dapat menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin.

“Selalu pakai masker, selalu jaga jarak, cuci tangan, terutama selalulah berdoa kepada Allah SWT agar dilindungi dari wabah Covid-19,” harapnya.

Selain itu, tutur Hendri, MTQ nasional adalah ajang strategis yang didambakan oleh seluruh provinsi untuk bisa menjadi terbaik dan mengharumkan nama provinsi masing-masing.

“Selamat berjuang, dengan penuh keikhlasan, dengan kejujuran, tentu saja dengan penuh semangat,” ucapnya.

Hendri berpesan kepada seluruh kafilah agar senantiasa menjaga kesehatan tubuh masing-masing.

“Jaga kesehatan, jaga ibadah kepada Allah, jaga imun dengan baik serta jaga interaksi,” ini semua juga merupakan pesan dari Gubernur Sumbar,” tutupnya. 

(ISC/ MMC DiskominfoSB)

 
Top