SIJUNJUNG, SUMBAR -- Kepedulian lingkungan dalam rangka penghijauan dilakukan oleh Polres Sijunjung. Ribuan batang pohon, pagi tadi ditanam di pinggir aliran Batang Kuantan, Jorong Sangkiamo Nagari Silokek, Kabupaten Sijunjung, Rabu (4/11/2020).

Kegiatan ini dipimpin Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan, SIK, M.Hum, dengan didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Sijunjung, Sekwan DPRD Sijunjung, Kadispora Sijunjung dan Kapolsek sejajaran Polres Sijunjung.

Kemudian juga diikuti oleh Kepala BPDASHL (Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung) Riau Desmantoro, Wali Nagari Silokek Dedmon beserta Pokdarwis (kelompok sadar wisata Silokek) serta warga masyarakat setempat.

Pada pinggir aliran Batang Kuantan tersebut, secara simbolis Kapolres AKBP Andry beserta rombongan melakukan penanaman pohon. Lokasi itu sekaligus menjadi kawasan Hutan Bhayangkara Polres Sijunjung.

Kapolres dalam sambutannya, meminta agar warga masyarakat dapat melanjutkan penanaman pohon yang telah disediakan sekaligus di jaga, sebab pohon ini sangat bagus karena bermanfaat seperti matoa dan manggis nilai jual buahnya cukup mahal bisa menopang perekonomian masyarakat.

“Kalau pohonnya sudah besar, bisa membantu erosi pinggir sungai yang terjadi pada musim hujan dan aliran serta air sungai meluap,” ujar AKBP Andry Kurniawan.

Sementara, Kasubbag Humas Polres Sijunjung Iptu Nasrul Nurdin yang ikut mendampingi kapolres, menyebutkan, bibit yang ditanam tersebut juga dibantu oleh dinas BPDASHL Riau.

“Ada 2.000 batang jumlah bibit pohon yang ditanam,” pungkasnya.

(rel/ede)

 
Top