JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta bantuan Korps Brigade Mobil Kepolisian Republik Indonesia (Korps Brimob Polri) untuk memberantas korupsi di Tanah Air

Ketua KPK, Firli Bahuri mengatakan, Korps Brimob menjadi tameng hidup saat lembaga antirasuah itu melaksanakan tugas dan kewajiban mereka dalam pemberantasan korupsi.

"Mulai kegiatan penangkapan tersangka, penggeledahan, evakuasi tersangka dari TKP ke gedung merah putih, pengawalan tersangka selalu dibantu oleh rekan rekan Brimob," kata Firli dalam keterangan, Minggu (15/11/2020).

Hal tersebut diucapkan Firli dalam memperingati HUT ke-75 Korps Brimob yang jatuh setiap 14 November. 

Menurutnya, kehadiran Brimob memberikan rasa aman bagi KPK ketika berada di tempat atau di situasi yang tidak kondusif ketika menjalankan tugas membongkar praktik korupsi. Tekad dan kemampuan anggota Brimob mengubah situasi keruh menjadi tenang dan bersih. Ia mengakui hal itu membuat KPK lebih tenang dan fokus karena merasa terlindungi.

Ia mengungkapkan, salah satunya adalah momen di mana petugas Brimob mendampingi beberapa penyidik KPK. Mereka tidak mundur 1 langkah pun apalagi bubar saat diperintah hingga dikatakan akan dilaporkan ke pimpinan mereka oleh salah seorang pejabat negara.

"Banyak laporan yang masuk kepada saya dan beberapa di antaranya pasti telah diketahui/dilihat publik perihal kegigihan dan keberanian petugas Brimob saat mengawal penyidik KPK di lapangan," katanya.

Sumber: republika

 
Top