PADANG -- Pelantikan Mahyeldi-Audy Joenaldi sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara dipastikan akan dilaksanakan pada Kamis (25/2/2021) besok.

Demikian informasi yang disebarluaskan Kepala Dinas Kominfo Sumbar, Jasman Rizal, di sejumlah whats'app group (WAG),  Rabu (24/2/2021).

"Breaking News. Besok (Kamis 25 Februari 2021) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terpilih, akan dilantik oleh Presiden di Istana Negara. Tks," tulis Jasman Rizal.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat telah menggelar rapat paripurna pengumuman dan penetapan usul pengesahan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar. Rapat paripurna digelar di ruang rapat utama DPRD Sumbar, Selasa (23/2/2021).

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Sumbar Supardi didampingi wakil ketua DPRD Sumbar Ustaz Irsyad Syafar, dari unsur pemerintah provinsi dihadiri Pj Gubernur Sumbar Hamdani dan Sekretaris DPRD Sumbar Raflis.

Gubernur Sumbar terpilih, H. Mahyeldi Ansharullah, di penghujung jabatan selaku Wali Kota Padang, masih meluangkan waktu untuk temu ramah, berdiskusi sekaligus berpose dengan jajaran pengurus Ikatan Keluarga Koto Anau (IKKA) Padang di kediaman resminya, jalan A Yani Padang, Selasa (23/2/2021) malam.

IKKA Padang, kiri - kanan - belakang : Prof. Dr. H. Tafdil Husni, SE., MBA (Ketua Dewan Penasehat), Drs. H. Lilik Supardi,Akt (Ketua),  H. Zuchri Taher (Ketua Dewan Pembina) dan H  Zulherman,SPd (Wakil Ketua)

Ketua DPRD Sumbar Supardi mengatakan, dalam surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 120/3262/SJ, 17 Juni 2015 dinyatakan pimpinan DPRD Provinsi mengusulkan pemberhentian dan atau pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur kepada Presiden melalui Mendagri dengan melampirkan berita acara dan risalah rapat paripurna serta keputusan DPRD tentang usul pengesahan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur.

"Keputusan DPRD diberi nomor: 5/SB/2021 tentang usul pengesahan pengangkatan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat 2020," ujar Supardi.

Menurut politisi Gerindra Sumbar ini, sesuai periodesasi dan tahapan perencanaan pengembangan jangka panjang daerah, masa jabatan gubernur dan wakil gubernur terpilih pilkada 2020 merupakan periodesasi strategis dan krusial.

(yhy/ede)



 
Top