JAKARTA -- Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat akan selesai sampai 20 Juli. Pemerintah akan mengumumkan nasib PPKM Darurat, hari ini.

"Masih ada beberapa hal yang dibahas dan dievaluasi. Besok (Sabtu, hari ini) rencananya akan ada pengumuman yang terkait," ujar Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Jodi Mahardi, kepada wartawan, Jumat (16/7/2021) malam.

Jodi mengatakan sejauh ini pemerintah masih melakukan evaluasi terkait PPKM darurat. Diperpanjang-tidaknya PPKM darurat bakal segera diumumkan.

Lebih lanjut, Jodi menyebut penyaluran bansos akan dilakukan secara cepat. Pemerintah memprioritaskan meringankan beban masyarakat.

"Penyaluran secara baik dan cepat bansos sembako, bansos tunai, dan berbagai stimulus lainnya untuk meringankan beban masyarakat akan diprioritaskan," jelas Jodi.

Disebut hingga Akhir Juli

Sebelumnya, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy mengatakan kebijakan PPKM darurat di Jawa-Bali akan diperpanjang hingga akhir Juli mendatang. Muhadjir mengatakan dengan adanya perpanjangan PPKM Darurat ini, Jokowi menyampaikan ada beberapa risiko. Di antaranya yang dia sebut yakni terkait bantuan sosial (bansos).

"Tadi rapat kabinet terbatas yang saya ikuti waktu saya di Sukoharjo sudah diputuskan bapak Presiden (PPKM Darurat) dilanjutkan sampai akhir Juli. Sampai akhir Juli PPKM," kata Muhadjir saat meninjau Hotel University Club UGM yang dijadikan shelter pasien Corona, Sleman, Jumat (16/7/2021).

Khusus untuk bansos, Muhadjir menyebut pemerintah tidak bisa memikulnya sendiri. Dia meminta semua pihak saling gotong royong. Termasuk pihak universitas juga diminta untuk membantu.

"Karena itu bansos itu tidak mungkin ditanggung negara sendiri oleh pemerintah. Gotong royong masyarakat," katanya.

PPKM Darurat diberlakukan di seluruh kabupaten/kota di Jawa-Bali mulai 3-20 Juli 2021. Selain itu, ada 15 wilayah luar Jawa-Bali yang turut memberlakukan PPKM darurat sejak Senin (12/7/2021).

#detik







 
Top