PEKANBARU – Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) masih terus mewabah di wilayah Provinsi Riau. Periode hari ini dikabarkan sebanyak 113 orang terkonfirmasi positif.

Berdasarkan data resmi yang di-update Dinas Kesehatan (Dinkes) Riau, Selasa (8/9/2020) sore, diketahui penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 masih bertahan di atas angka 100 kasus per harinya. Dari 113 orang yang terpapar, 3 diantaranya dikabarkan wafat.

“Kabar duka, hari ini ada penambahan 3 pasien yang dinyatakan meninggal dunia karena COVID-19,” kata Kepala Dinkes (Kadinkes) Riau, Mimi Yuliani Nazir, Selasa sore.

Ia menjelaskan pasien yang wafat yakni, Ny. R (50) yang merupakan warga Kota Dumai. R diketahui merupakan seorang tenaga medis yang bertugas di RSUD Kota Dumai, dalam misi kemanusiaannya ia gugur dengan meninggalkan kepedihan mendalam.

Pasien meninggal yang kedua adalah Ny. R (71) warga Pekanbaru dan yang ketiga Ny. W (39) juga warga Kota Pekanbaru.

Atas penambahan tiga pasien wafat hari ini, maka total pasien meninggal akibat COVID-19 di Riau menjadi 52 orang.

Pada kesempatan itu Mimi juga memaparkan bahwa 113 pasien terbaru itu tersebar atau berasal dari beberapa Kabupaten/ Kota yakni: 

Dumai: satu orang dari Kecamatan Dumai Barat,
Indragiri Hilir: dua orang dari Kecamatan Tembilahan,
Kampar: dua orang yang masing-masing berasal dari Kecamatan Siak Hulu dan Kampar Hulu.

“Yang terbanyak dari Pekanbaru,” imbuhnya. Sebaran kasus baru di Ibu Kota Provinsi Riau itu meliputi:

Kecamatan Bukit Raya 8 orang,
Kecamatan Lima Puluh dua orang,
Kecamatan Marpoyan Damai 15 orang,
Kecamatan Payung Sekaki 5 orang,
Kecamatan Pekanbaru Kota 9 orang,
Kecamatan Rumbai 5 orang,
Kecamatan Rumbai Pesisir 10 orang,
Kecamatan Sail dua orang,
Kecamatan Senapelan 6 orang,
Kecamatan Sukajadi satu orang,
Kecamatan Tampan 19 orang dan
Kecamatan Tenayan Raya 5 orang.

“Dari Pelalawan ada 17 orang terkonfirmasi yang berasal dari Kecamatan Pangkalan Kerinci. Sementara dari Siak terdapat 4 orang yang terkonfirmasi dan berasal dari Kecamatan Tualang,” tuturnya.

Sampai saat ini, masih kata Mimi, total kasus terkonfirmasi COVID-19 di wilayah Riau mencapai 2.830 orang dengan rincian sebanyak 871 pasien diisolasi mandiri, 562 diisolasi pada fasilitas kesehatan, 1.345 orang dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang dan 52 pasien lainnya meninggal dunia.

“Untuk itu kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Riau agar selalu menggunakan masker, rajin cuci tangan pakai sabun, jaga kesehatan, tetap lakukan physical distancing, mengkonsumsi sayur dan buah serta berolahraga untuk menjaga daya tahan tubuh serta tetap di rumah,” pungkasnya.

Sumber: pinangkampai
 
Top