Searah jarum jam: Ketua KWT Berseri PKK RW 01 ATT Dewi Yandrawita kompak bersama warga dan Lurah ATT Benyarmen >>warga serius menyimak arahan pak lurah >> Pemuda RW 01 ATT semangat bergoro >> Penyerahan bantuan bola voli dari Kelurahan ATT Kepada Ketua RT 02/RW 01 ATT, Adya Candra. 
PADANG -- Tingginya rasa kebersamaan serta semangat gotong royong warga RW 01 Kelurahan Air Tawar Timur (ATT) demi menggairahkan kembali aktivitas positif di lingkungan mereka patut diacungi jempol.

Bertahap namun pasti, areal fasilitas sosial (fasos) warga yang dicokoli shelter tsunami, taman bermain anak-anak serta lapangan volleyball dan badminton, mulai dibersihkan dan ditata kembali secara marathon melalui goro rutin mingguan. 

Alhasil, berdasarkan pantauan www.sumatrazone.co.id di kegiatan goro rutin mingguan yang diikuti puluhan warga, para pemuda dan anak-anak setempat, Minggu (8/11/2020) pagi kemarin, areal fasos yang cukup lama terlantar serta disemaki ilalang di lingkungan RW 01 Kelurahan ATT kembali terlihat asri dan berseri. 

Segenap warga, perangkat RT/RW serta pemuka masyarakat setempat telah berkomitmen secara bahu membahu me-"make over" areal fasos yang sejak awal masuknya pandemi Covid-19 sedikit terabaikan. Rumput, ilalang serta tanaman liar lainnya sempat mendominasi. Fasilitas bermain anak-anak seperti ayunan, jungkat jungkit serta seluncuran sudah dimakan karat, tidak lagi layak pakai. Melalui goro rutin mingguan yang dilangsungkan sejak akhir bulan lampau, areal fasos berangsur kembali asri dan berseri.

Selain fasilitas olahraga, pada areal fasos RW 01 ATT juga ada taman PKK yang akan ditanami dengan tanaman pangan, dilengkapi kolam ikan untuk memperkuat ketahanan pangan warga ATT khususnya RW 01.

Lurah ATT Benyarmen dalam kesempatan goro rutin mingguan, Minggu (8/11/2020) kemarin, menyatakan sangat mengapresiasi inisiatif sekaligus semangat kebersamaan segenap warga, kader PKK, perangkat RT/RW serta pemuka masyarakat setempat demi terwujudnya fasos "sehat asri berseri".

Fasos yang sehat, asri dan berseri, menurut Benyarmen, otomatis akan menumbuhkan semangat warga RW 01 ATT untuk mengoptimalkan fungsi fasos sebagai sentra kegiatan positif. 

Dengan tersedianya sarana olahraga serta arena bermain yang representatif lagi asri di areal shelter ATT, diharapkan kecanduan bermain games online terutama pada anak-anak di sela kegiatan belajar dari rumah saat pandemi Covid-19 ini bisa diantisipasi, lalu dialihkan pada kegiatan yang lebih bermanfaat seperti bermain secara outdoor di lokasi yang aman nyaman, kemudian juga bisa berolahraga baik secara outdoor maupun indoor di beberapa ruangan shelter tsunami yang luasnya cukup memadai.

"Setidaknya anak-anak kita tetap interaktif dan intens bersosialisasi satu sama lain, kesehatan dan imunitas masing-masingnya lebih terjaga melalui kegiatan olahraga. Tentunya, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," papar lurah yang juga Penanggungjawab Kelompok Wanita Tani (KWT) Berseri PKK RW 01 ATT tersebut.

Disamping sudah merupakan keinginan segenap warga, terwujudnya "make over" fasos lingkungan RW 01 ATT juga tak terlepas dari sikap proaktif jajaran KWT Berseri PKK RW 01 ATT beserta perangkat RT/RW setempat dalam memotivasi dan menggerakkan warga demi mewujudkan keinginan bersama tadi.

Ketua KWT Berseri PKK RW 01 ATT, Dewi Yandrawita, SE, menambahkan, selain lapangan bola voli dan bulutangkis, saat ini juga telah ada sarana olahraga tenis meja dan karate dari Dojo Akase Inkanas.

"Alhamdulillah atensi dan partisipasi warga RW 01 ATT dalam rangka mewujudkan lingkungan sehat, nyaman dan asri sangatlah tinggi, sehingga apa yang menjadi keinginan bersama bisa terwujud," ungkap aktivis lingkungan yang juga Wakil Ketua TP PKK Kelurahan Air Tawar Timur (ATT) tersebut. 

Sementara itu, Ketua RW 01 ATT Fiyardi, S.Sos, mengungkapkan, kembali hidup dan bergairahnya aneka aktivitas positif di areal shelter tsunami ATT tak terlepas dari peran serta aktif segenap warga, pemuda serta pemuka masyarakat di lingkungan RW 01 ATT. 

"Segala bantuan, baik moril, materil, fikiran, kirik, saran serta tenaga dari kita semua sangat kami hargai. Terimakasih banyak atas atensi dan semangat kita semua!," ujar tokoh masyarakat yang juga akrab disapa "Edi Yoyor" tersebut. 

Ke depan, lanjutnya, warga RW 01 akan mengoptimalkan pemanfaatan fasos yang ada untuk menggelar aneka kegiatan yang bertujuan meningkatkan rasa kebersamaan. Meliputi perlombaan-perlombaan olahraga dan seni, pelatihan-pelatihan, latihan beladiri dan banyak lagi lainnya.

Adapun sejumlah fasilitas olahraga seperti dua unit meja pingpong, bola voli, net voli atau badminton, kostum olahraga, menurut Edi Yoyor, semua merupakan sumbangan dari sederet pemuka masyarakat setempat. "Prinsipnya oleh, dari dan untuk kita bersama. Alhamdulillah," imbuhnya. 

(ede)

 
Top