Pengurus KSC-19 RW 01 ATT yang didominasi kalangan muda enerjik, bersama pemuda senior ATT Jayanur dan Haris Anthony, pose di depan posko utama di shelter evakuasi tsunami Kelurahan ATT. 
PADANG -- Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap satu di wilayah RW 01 Kelurahan Air Tawar Timur (ATT) Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, secara umum terlaksana dengan lancar dan sukses tanpa kendala berarti. Hal ini tak terlepas dari kekompakan, kesadaran serta ketaatan segenap warga setempat pada protokoler PSBB.

BACA JUGA: PSBB RW 01 ATT, Seluruh Akses Masuk Ditutup..

Bahkan, terkait rencana perpanjangan masa PSBB di Provinsi Sumbar, warga, pemuka masyarakat dan aparatur setempat juga telah menyatakan kesiapan untuk melanjutkan penerapan PSBB di lingkungan mereka. Untuk PSBB tahap dua ini segenap warga sepakat sistem akan lebih diperketat, baik dalam hal penegakan disiplin warga mematuhi protokoler PSBB maupun dari segi pengamanan lingkungan di tengah kecenderungan meningkatnya tindak kriminal pada masa pandemi Covid-19 ini.


BACA JUGA: Kelurahan ATT Padang Miliki Kampung Siaga Covid-19

"Terus terjadinya pertambahan positif Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat, khususnya Kota Padang dari hari ke hari, membuat kami warga RW 01 Kelurahan ATT merasa lebih ekstra waspada mengingat corona adalah virus sangat berbahaya yang tentunya kami tak ingin ada warga kami yang tertular," ungkap Ketua Kampung Siaga Covid-19 RW 01 ATT, Taufik Hafni, selepas rapat bersama lurah, Ketua RW, para RT, unsur pemuka masyarakat dan pemuda setempat, Minggu (3/5/2020) malam. 



TAUFIK HAFNI
Taufik lebih lanjut menekankan bahwa penanganan pandemi Covid-19 memerlukan upaya serius yang komprehensif dari semua aspek, mengingat penyebaran Covid-19 bukan hanya terkait masalah kesehatan, namun juga kemanusiaan, dimana dampaknya secara telak menyasar aspek sosial, ekonomi. Secara luas, dampak Covid-19 mempengaruhi fundamental perekonomian daerah maupun nasional. 

Warga Diimbau Lebih Disiplin
Sehubungan akan diterapkannya PSBB tahap dua di lingkungan RW 01, Lurah ATT Benny Armen menghimbau warga supaya lebih disiplin dan patuh pada protokol PSBB. Selalu pakai masker ketika keluar rumah, jaga jarak ketika berinteraksi satu sama lain, selalu cuci tangan pakai sabun (CTPS), tidak berkumpul dan sebaiknya di rumah saja jika tidak ada hal-hal terlalu penting di luaran. 


Dari kanan atas, searah jarum jam: Lurah ATT, Benny Armen, Ketua RW 01 Fiyardi dan para Ketua RT, An Nefri (RT 01), Ari (RT 04) dan Dasril (RT 05). 
Kepada pengurus KSC-19, Ketua RW serta para perangkat RT di lingkungan RW 01 ATT, Benny menginstruksikan supaya memperketat pengawasan pada akses masuk dan keluar lingkungan ATT, serta menjaga kemungkinan hadirnya pendatang atau tamu dari luar lingkungan RW 01 dan Kelurahan ATT pada umumnya. 

BACA JUGA: PSBB Sumbar Resmi Diperpanjang ...

Sebaliknya kepada seluruh warga ATT ia mengimbau supaya secara sadar proteksi diri dan lingkungan, melaporkan kepada perangkat RT di lingkungan masing-masing bilamana ada tamu, sanak famili yang berkunjung atau menginap. "Mencegah lebih baik ketimbang mengobati setelah sakit," serunya. 

Ketua RW berikut perangkat RT yang hadir dalam rapat persiapan PSBB tahap dua di lingkungan RW 01 ATT malam itu menyatakan kesiapan untuk lebih mendisiplinkan warga di lingkungan masing-masing dalam menjalankan protokol PSBB, sekaligus lebih meningkatkan pengawasan terhadap kehadiran para pendatang serta mengintensifkan kegiatan pengamanan lingkungan dengan berkoordinasi dengan elemen terkait, termasuk memberdayakan para pemuda setempat 

Selain Ketua RW 01 ATT Fiyardi, S.Sos alias "Edi Yoyor", empat Ketua RT yang hadir, antara lain An Nefri (RT 01), AH Alzikri (RT 03), Ari (RT 04) dan Dasril "Abi" (RT 05).

Selaku Ketua RW, Edi Yoyor menyampaikan rasa terimakasihnya kepada segenap pengurus KSC-19 RW 01 ATT atas inisiatif dan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi sebaran virus corona sekaligus menciptakan rasa aman dan nyaman bagi segenap warga di lingkungan RW 01. Kepada segenap warga ia juga menyatakan sangat apresiatif atas semangat dan kesadaran melaksanakan protokol PSBB. "Semoga apa yang sudah baik ini semakin baik pada penerapan PSBB berikutnya," harapnya.

Haris Anthony, SH
Wakil Ketua KSC-19 RW 01 ATT, HarIs Anthony, SH, menambahkan, terkait lancar dan suksesnya penerapan PSBB tahap satu dan sekarang bersiap untuk penerapan tahap dua, pihaknya menghaturkan terimakasih tak terhingga atas semangat, komitmen serta partisipasi segenap warga baik moril maupun materil. Tak lupa atas nama warga ia mengapresiasi kehadiran aparatur negara seperti Babinsa dan Babinkamtibmas yang secara intens turun ke tengah-tengah warga dalam rangka kontrol sekaligus pembinaan. 

"Terimakasih juga kepada warga yang telah menyumbang sembako, saling berbagi dengan tetanggan yang terkena dampak ekonomi akibat wabah Covid-19. Semoga segala amal kebajikan tersebut mendapat balasan setimpal dari Allah Swt. Bersama kita berupaya serta berdoa, semoga pandemi ini reda dan semua kita bisa menjalanji kehidupan normal seperti sediakala," tutur tokoh pemuda senior ATT tersebut, diamini pengurus KSC-19 RW 01 ATT lainnya. Mereka adalah Rizki (Sekretaris), Fira Rahmainisa (Bendahara), Jayanur (Koord.Perlengkapan) dan Alvian David Pratama (Koor.Lapangan/Korlap).

(ede)















 
Top