PADANG -- Melalui rapat online di group whats'app (WA) RW 01 ATT pada Selasa (31/2/2020) lalu, Kelurahan Air Tawar Timur (ATT) Padang resmi memiliki Kampung Siaga Covid-19 (KSC-19). Diprakarsai warga dan segenap pemuka masyarakat RW 01 ATT, wadah penanggulangan penyebaran coronavirus disease 2019 atau Covid-19 ini dinamai KSC-19 RW 01 ATT. 

Mengawali debutnya, sejak Rabu (1/4/2020) kemarin, KSC-19 RW 01 ATT telah melaksanakan kegiatan paling urgent yakni penyemprotan rumah-rumah warga dengan cairan disinfektan secara step by step.

BACA JUGA: Seorang Warga ATT Berstatus PDP..

Bersama tim taruna siaga bencana (Tagana) Kota Padang, pada hari itu dilakukan penyemprotan disinfektan pada shelter evakuasi tsunami ATT di jalan Polonia dan sekitarnya, Masjid Nurul Hikmah serta trotoar berikut warung serta kedai di sepanjang jalan Kemayoran.

Tim Tagana Kota Padang langsung diarahkan oleh Taufik Hafni selaku Ketua  KSC 19 RW I ATT, didampingi Wakil Ketua Haris Antony SH, koordinator lapangan (Korlap) Alvian David Pratama serta ketua RT 03 Alzikri, SE. 

Sementara pada hari kedua, Kamis (2/4/2020) ini, dilakukan penyemprotan disinfektan pada rumah-rumah warga di sebagian lingkungan RW 01, mulai jalan Sentani, Seranti, hingga jalan Padang Kemiling. 

"Insya Allah besok ba'da salat Jumat kegiatan penyemprotan rumah-rumah warga dilanjutkan hingga jalan paling ujung wilayah RW 01 ATT, termasuk rumah-rumah yang berada di depan rel kereta api," ungkap Ketua KSC 19 RW I ATT, Taufik Hafni kepada www.sumatrazone.co.id Kamis (2/4/2020) malam. 

BACA JUGA: Seorang Warga ATT Dicurigai Terpapar Covid-19

Lebih lanjut Taufik yang juga pernah menjabat Ketua RW 01 ATT periode 2012-2018 menekankan bahwa yang sebenarnya perlu didorong adalah inisiatif dan kemandirian warga per RW atau satuan lokasi kampuang dan sebagainya supaya bersama-sama mengantisipasi ancaman sebaran Covid-19  dengan mengoptimalkan potensi warga sekitar. 

"Apa yang kami lakukan pada saat ini semata sebagai inisiatif awal demi terhindarnya warga ATT dari penyebaran virus corona. Tentunya kita sudah sama-sama mengetahui betapa cepat penularannya dan betapa virus ini sangat berbahaya bagi manusia yang tertular. Selanjutnya kami mendorong dan siap mengedukasi warga untuk peracikan dan penyemprotan disinfetkan secara mandiri di lingkungan masing-masing," tuturnya. 

BACA JUGA: Gebrakan Kreatif Camat Baru Padang Utara..

Tak lupa ia menyampaikan rasa syukur atas semangat dan dukungan dari segenap warga, pemuka masyarakat dan bundo kanduang di Kelurahan ATT, terutama di lingkungan RW 01, sehingga KSC-19 RW 01 ATT terbentuk dan bisa melaksanakan serangkaian kegiatan terkait upaya antisipasi sebaran Covid-19. 

Rapat online melalui WAG RW 01 ATT Selasa (31/3/2020) menghasilkan kesepakatan sebagai berikut: 
1. Terbentuknya Tim Kampung Siaga Covid 19 RW I ATT disingkat KSC-19 RW 01 ATT. 
2. Percepatan pemberian dana fakir miskin masjid Nurul Hikmah sebesar Rp 35.000.000'- (tiga puluh lima juta rupiah) untuk mengatasi dampak ekonomi Covid-19 terhadap warga kurang mampu di lingkungan RW 01 ATT.
3. Terhimpun donasi tambahan sebesar Rp 1.500.000, insya Allah akan terus bertambah untuk operasional KSC 19 RW 01 ATT.
4. Memproduksi disinfektan mandiri dan edukasi warga untuk penyemprotan mandiri.
5. Mengawasi ketat kemungkinan adanya Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di lingkungan RW 01 ATT,  termasuk warga atau anak kost yang datang dari daerah endemik atau kontak dengan PDP dan sebagainya.
6. Membuat Posko KSC-19 RW 01 ATT di shelter evakuasi tsunami ATT.
7. Mendukung dan mengikuti arahan Gugus Tugas Covid-19 Nasional,  Provinsi,  Kota,  Kecamatan dan Kelurahan.
8. Tim melibatkan pengurus RT,  RW, pengurus masjid,  pemuda, PKK dan relawan warga.

Taufik berharap, apa yang dilaksanakan bersama saat ini menjadi bagian dari upaya membangun energi positif dan kebersamaan warga dalam menghadapi Covid-19, khususnya di wilayah RW 01 ATT. 

“Kerjasama dari seluruh unsur masyarakat bersama pemerintah, menjadi kunci pencegahan penyebaran virus corona. Ayo bersama kita tanggulangi penyebarannya di wilayah RW 01! Bersama kita bahu membahu mewujudkan lingkungan bersih. Indya Allah kita akan senantiasa berada dalam lindungan-Nya," imbau penggerak sejumlah organisasi sosial ini sebagai spirit bagi segenap warganya.

Berikut susunan Pengurus KSC-19 ATT: 

Pelindung: Lurah ATT

Pembina: Ketua RW 01, Ketua RT 01 s.d 06

Keamanan: Babinkamtibmas dan Babinsa ATT

Ketua: Taufik Hafni
Wakil Ketua:  Haris Anthony SH
Sekretaris: Rizki 
Bendahara: Fira Rahmainisa

Koordinator Lapangan (Korlap): 
Alvian David Pratama

Koordinator Perlengkapan: Jayanur

(ede)


 
Top