MENTAWAI, SUMBAR -- Guna memutus rantai pandemi Covid- 19, Kabupaten Kepulauan Mentawai tengah bersiap menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dimulai dengan membatasi pergerakan tranportasi laut antar pulau yang selama ini beroperasi mengangkut penumpang.

"Saat ini, kita masih memastikan segala persiapan penerapan PSBB tersebut, kita juga sudah siap melihat situasi dan kondisi wilayah. Meski demikian pemerintah Mentawai akan melakukan pengkajian mendalam dulu terkait rencana tersebut," papar Juru Bicara (Jubir) Kebijakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Mentawai, Seri Eli BW, saat temu pers di ruang rapat Setdakab Mentawai, Rabu (15/04/2020) sore.

Didampingi Kepala Dinas Kesehatan Mentawai Lahmuddin Siregar, Seri Eli BW pada kesempatan itu juga mengungkapkan bahwa yang akan menjadi persoalannya saat ini yakni masih belum lengkapnya alat pendukung test kesehatan di setiap kecamatan. Namun demikian pihaknya akan tetap mengupayakan pengadaan Rapid Test untuk memutus rantai penyebaran virus corona di setiap puskesmas pada kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten kepulauan Mentawai.

"Saat ini kapal memang masih tetap beroperasi, namun ada pengecualian bagi yang membawa pasien dan pedagang saja. Namun masing-masing awak dan penumpang kapal tetap akan mengikuti test kesehatan yang berlaku di setiap wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai," papar Seri Eli BW.

Dalam temu pers melalui teleconference tersebut ditegaskan juga bahwa Gubernur Sumatera Barat memberikan limit waktu tiga hari kedepan kepada 19 kabupaten/kota termasuk Kabupaten Kepulauan Mentawai agar melakukan persiapan PSBB semaksimal mungkin dalam hal memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19.

"Bila surat persetujuan PSBB dari Menteri Kesehatan nantinya keluar, maka akan tentunya diberlakukan  pengawasan lebih ketat," tutup Seri Eli BW.

(tin/oel)


  • Untuk informasi dan komunikasi seputar Kabupaten Kepulauan Mentawai, silahkan menghubungi redaksi www.sumatrazone.co.id  di nomor HP/WA: +62 823 8703 9287 / Syafrullah Lc Sanyoto (admin) atau e-mail: redaksi.sumatrazone@yahoo.com


 
Top