GUBERNUR Sumatera Barat Irwan Prayitno, dengan paras berseri, menyambut kedatangan sebanyak 150 turis dari Kota Kunming, Provinsi Wuhan, China, di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Kabupaten Padang Pariaman, pada penghujung Januari 2020.
f: dok.humasprov.sumbar
PADANG -- Dengan penambahan sebanyak 19 orang positif terinfeksi Covid-19 pada hari ini, Senin (27/4/2020), maka Sumatera Barat menjadi provinsi peringkat 3 terbanyak penambahan kasus baru Covid-19 di Indonesia. Sumbar mengungguli Jawa Tengah (17 kasus baru), Banten (12), Jawa Timur (11) dan sembilan provinsi lainnya. Sementara dua provinsi di atasnya, yakni DKI Jakarta dan Jawa Barat, masing-masing dengan penambahan 70 dan 39 kasus baru.

Berdasarkan UPDATE DATA Covid-19 di Sumatera Barat yang dibagikan pihak Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar di sejumlah group whats'app (WA) Senin (27/4/2020) sore, selain penambahan sebanyak 19 positif Covid-19 di Sumbar, juga ada tiga pasien sembuh dan tiga meninggal dunia. Total warga Sumbar yang telah terinfeksi covid-19 sampai hari ini adalah sebanyak 121 orang.

Dipaparkan juga bahwa dari hasil kerja keras petugas di laboratorium fakultas kedokteran Unand yang secara marathon melakukan pemeriksaan sample swab yang rata-rata bisa sampai 300 sample perhari, dikonfirmasikan ada 19 (sembilan belas) orang lagi masyarakat Sumatera Barat positif terinfeksi Covid-19.

Kota Padang Masih Terbanyak
Sekali lagi Kota Padang mencatatkan penambahan terbanyak warganya yang positif terinfeksi Covid-19. Sebanyak 14 (empat belas) orang dari berbagai lokasi dan riwayat penularan, mengisyaratkan kepada semua warga kota Padang untuk lebih peduli dan patuh lagi kepada protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah.

Dari Kabupaten Dharmasraya juga terkonfirmasi sebanyak 4 (empat) orang positif terinfeksi dan 1 (satu) orang warga Tanah Datar yang juga positif terinfeksi covid-19.

Rinciannya adalah sebagai berikut:

Kota Padang
1. Wanita 19 tahun, alamat Ampang kota Padang, pelajar, terpapar covid-19 dari orang yang sebelumnya telah terinfeksi. Sekarang dirawat di RS Semen Padang Hospital (SPH).

2. Wanita 22 tahun, alamat di Ampang kota Padang, pelajar. Terinfeksi karena kontak dengan warga yang telah terkonfirmasi positif. Dirawat di RS SPH.

3. Wanita, anak-anak 11 tahun, pelajar, alamat di Lubuak Bagaluang Kota Padang. Terinfeksi karena kontak dengan orang yang telah dinyatakan positif sebelumnya. Dirawat di RS SPH.

4. Wanita 45 tahun, alamat di Parak Karakah kota Padang, PNS. Terinfeksi karena kontak dengan rekan kerja di Pagambiran. Dirawat di RS SPH.

5. Wanita 57 tahun, alamat di Ampang kota Padang. Wiraswasta. Terinfeksi dari orang yang sebelumnya juga telah dinyatakan terinfeksi. Dirawat di  RS SPH.

6. Wanita 60 tahun, alamat di Ampang kota Padang. Ibu rumah tangga yang terinfeksi karena kontak dengan orang yang terkonfirmasi positif. Dirawat di RS SPH.

7. Wanita 53 tahun, alamat di Banuaran kota Padang. ASN terinfeksi dengan orang yang positif covid-19. Dirawat di RS SPH.

8. Pria 32 tahun, alamat di Lubuak Lintah, operator di salah satu SD Lubuak Lintah. Terinfeksi karena kontak dengan pasien yang telah positif sebelumnya. Dirawat di RS SPH.

9. Wanita 60 tahun, alamat di Mato Aia, ibu rumah tangga. Kontak dengan yang telah terkonfirmasi positif. Dirawat di RS SPH.

10. Pria 41 tahun, tukang pijit, alamat di Koto Lalang kota Padang. Terinfeksi karena kontak (memijit) dengan pasien yang positif. Isolasi mandiri di rumah.

11. Pria 59 tahun, Ulak Karang kota Padang, Pasien RS Hermina, meninggal dunia. Karena penyelenggaraan jenazahnya seperti biasa, maka proses tracking dilokasi tersebut telah dilakukan dan seluruh masyarakat yang pernah melayat, memandikan dan menguburkan jenazahnya, diharapkan mengkarantinakan diri selama 14 hari di rumah masing-masing. Kalau ada gejala kurang sehat, segera melaporkan diri ke petugas dan fasilitas kesehatan terdekat.

12. Wanita 65 tahun, alamat Kuranji kota Padang, seorang Guru, do duga terinfeksi di Jakarta. Almarhumah pulang dari Jakarta sejak 23 April 2020 dan wafat tanggal 26 April 2020 di RS Universitas Andalas.

13. Pria 49 tahun, alamat Flamboyan kota Padang, sopir Grab, terpapar karena kontak diatas mobil menbawa penumpang yang positif covid-19. Isolasi mandiri di rumah.

14. Wanita 53 tahun, alamat di Taruko, pensiunan tenaga kesehatan. Terinfeksi dari anaknya yang pulang dari Bandung, namun anaknya tidak menunjukkan gejala, karena OTG. Dirawat di RSUD Rasyidin

Dari Kabupaten Dharmasraya didapat laporan warganya yang positif terinfeksi Covid-19 adalah:

1. Pria 56 tahun, Kecamatan Tiumang, petani. Terpapar karena ikut acara di Makassar 22 Maret 2020 yang lalu. Isolasi mandiri di rumah.

2. Pria 51 tahun, alamat di Pulau Punjuang, pedagang. Kasus terpapar di Makasar dan pulang tanggal 22 Maret 2020. Isolasi di rumah.

3. Pria 62 tahun, alamat di Pulau Punjuang, pedagang. Terinfeksi di Makasar. Pulang tanggal 22 Maret 2020. Isolasi mandiri di rumah.

4. Pria 55 tahun, alamat di Pulau Punjuang, pedagang. Pulang dari Makasar 22 Maret 2020. Isolasi di rumah.

Kabupaten Tanah Datar juga telah mengkonfirmasi adanya 1 (satu) orang lagi warganya yang positif terinfeksi covid-19, wanita 29 tahun, asal Panyalaian, ibu rumah tangga. Diduga ditularkan dari suaminya yang baru pulang dadi Jakarta seminggu yang lalu. Dirawat di RSUP dr  M Djamil Padang.

Disamping telah ada yang meninggal 2 (dua) orang tersebut di atas, juga terkonfrimasi bahwa salah satu pasien RSUP dr. M Jamil Padang yang beberapa hari lalu dilaporkan terinfeksi sepulang dari Pasar Lubuak Buayo Padang, akhirnya pada 27 April 2020 meninggal dunia dan dimakamkan dengan protokol Covid-19. Almarhum berasal dari Duku, pria 66 tahun pensiunan PNS.

Artinya, pada hari kemarin dan hari ini, terdapat 3 (tiga) orang warga Sumatera Barat meninggal dunia karena terinfeksi Covid-19.

Warga yang sembuh terdapat 3 (tiga) orang, yaitu:

1. Pria 31 tahun, alamat Pariaman Utara, pekerjaan brankerman IGD yang pernah kontak dengan pasien sebelumnya terkonfirmasi positif.

2. Wanita 42 tahun, alamat Tarusan Pessel, tenaga kesehatan. Dirawat di RSUD M Zein Painan. Sekarang telah pulang ke rumahnya.

3. Seorang wanita 42 tahun, alamat Tarusan, tenaga kesehatan juga. Pasien RSUD M Zein Painan. Telah pulang ke rumahnya.

Total yang telah sembuh dari covid-19 sampai hari ini adalah sebanyak 23 orang.

Dengan demikian total yang telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat sampai hari ini Senin 27 April 2020 adalah 121 orang, dengan rincian 39 orang masih dirawat, isolasi mandiri di rumah 29 orang, 16 orang di berbagai pusat karantina, meninggal dunia 14 orang dan sembuh 23 orang.

Berikut perkembangan Covid-19 di Sumbar berdasarkan datanya yang dihimpun pihak Gugus Tugas Penanganan Covid-19 setempat dari berbagai rumah sakit dan gugus tugas kabupaten kota se Sumatera Barat, Senin, 27 April 2020, pukul 15.00 WIB.

Total Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 7.654 orang.

Proses pemantauan 498 orang.
Selesai Pemantauan 7.156 orang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 338 orang.

Dari 338 PDP tersebut, 48 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab. Dinyatakan negatif terinfeksi covid-19 sebanyak 285 orang dan isolasi diri di rumah 11 orang.

Rincian Pasien positif terinfeksi Covid-19 berdasarkan Rumah Sakit

RSUP dr. M Djamil Padang

Dirawat 11 orang
Isolasi dirumah 9 orang 
Bapelkes 1 orang
Sembuh 8 orang.
Meninggal dunia 6 orang
Total 35 orang

RS Ahmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi

Dirawat 2 orang
Isolasi dirumah 0 orang
Sembuh 7 orang
Meninggal dunia 0 orang
Total 9 orang

Semen Padang Hospital (SPH) Padang

Dirawat 12 orang
Isolasi Mandiri di rumah 6 orang
Isolasi di Bapelkes 5 orang
Sembuh 0 orang
Meninggal dunia 1 orang
Total 24 orang

RSUD Pariaman

Dirawat 0 orang
Isolasi dirumah 1 orang
Isolasi di Bapelkes 1 orang
Sembuh 1 orang
Meninggal dunia 0 orang
Total 2 orang

RSUD M Zein Painan

Dirawat  0 orang
Isolasi di rumah 2 orang
Isolasi di Rusunawa 8 orang
Sembuh 2 orang
Meninggal dunia 0 orang
Total 12 orang

RS Bhayangkara Padang

Dirawat 0 orang 
Isolasi dirumah 0 orang
Sembuh 1 orang
Meninggal dunia 0 orang
Total 1 orang

RSUD Kepulauan Mentawai

Dirawat 2 orang
Isolasi dirumah 0 orang
Sembuh 0 orang
Meninggal dunia 0 orang
Total 2 orang

RS Yos Sudarso Padang

Dirawat 0 orang
Isolasi dirumah 0 orang
Sembuh 0 orang
Meninggal dunia 1 orang
Total 1 orang

RS Universitas Andalas (Unand) Padang

Dirawat 5 orang
Isolasi di rumah 1 orang
Isolasi Bapelkes 1 orang
Sembuh 1 orang
Meninggal dunia 4 orang
Total 12 orang

RSUD Sungai Dareh

Dirawat 0 orang
Isolasi dirumah 6 orang
Sembuh 0 orang
Meninggal dunia 0 orang
Total 6 orang

RSUD Lubuak Sikapiang

Dirawat 0 orang
Isolasi di rumah 0 orang Isolasi Bapelkes 1 orang
Sembuh 0 orang
Meninggal dunia 0 orang
Total 1 orang

RSUD Rasyidin Padang

Dirawat 7 orang
Isolasi dirumah 0 orang
Sembuh 0 orang
Meninggal dunia 1 orang
Total 8 orang

RS Hermina Padang

Dirawat 0 orang
Isolasi dirumah 0 orang
Sembuh 0 orang
Meninggal dunia 1 orang
Total 1 orang

Pasien positif Covid-19 yang isolasi mandiri di rumah yang bukan pasien dari salah satu RS rujukan total 7 orang, isolasi mandiri di rumah 4 orang, di Bapelkes 0 orang dan telah dinyatakan sembuh sebanyak 3 orang.

(rel/oel)
 
Top