MERAUKE, PAPUA -- Di tengah meluasnya penyebaran Virus Corona atau Covid-19 termasuk di wilayah Papua, personel kesehatan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad membantu persalinan Apolina Maywa (24) warga RT 03 Yakyu, Kampung Rawa Biru, Distrik Sota.

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., di Merauke, Papua, Senin (27/4/2020) menjelaskan bahwa kejadian tersebut bermula pada hari Sabtu (25/4/2020) pukul 07.00 WIT, saat Bernat Maywa (54) datang ke Pos Yakyu, dan meminta bantuan bahwa putrinya Apolina Maywa (24) saat ini sudah di Bivak akan melahirkan.

Mendapat laporan tersebut, Danpos Yakyu Letda Inf I Komang Adhi bersama Tim Kesehatan Satgas terdiri dari Dantonkes Letda Ckm Iwan Debri Setiawan, Tamtama Kesehatan (Takes) Pratu Suparyadi dan empat personel lainnya, segera menuju ke Bivak yang tidak jauh dari kampung untuk segera membantu persalinan.

Sesampainya di Bivak, setelah menunggu beberapa jam tepatnya sekitar pukul 14.15 WIT, melalui proses persalinan secara normal dan perlengkapan yang sederhana, Tim Kesehatan Satgas  membantu Apolina melahirkan seorang bayi berjenis kelamin perempuan. “Bayi berjenis kelamin perempuan tersebut lahir dengan normal dan kondisi sehat serta memiliki berat 3,2 Kg dan panjang 47 Cm,” kata Mayor Inf Rizky Aditya.

Dansatgas mengatakan bahwa proses persalinan yang dilaksanakan di Bivak di hutan dekat kampung, merupakan sebuah tradisi adat Suku Kanum warga RT 03 Yakyu, Kampung Rawa Biru, Distrik Sota, Merauke, jika melahirkan harus dilaksanakan di luar rumah dan tinggal di hutan selama 11 hari.

“Apa yang dilakukan jajarannya merupakan implementasi dari komitmen Satgas Pamtas sejak awal penugasan, yakni melaksanakan tugas yang berorientasi pada kebermanfaatan diri bagi lingkungan, serta dapat bersinergi dengan semua instansi dalam membantu kesulitan yang dihadapi warga perbatasan RI-PNG,” tuturnya.

Menurut Dansatgas, membantu proses persalinan warga Papua ditengah wabah Virus Corona ini adalah untuk yang kedua kalinya. “Hal ini sebagai wujud nyata TNI dalam membantu Instansi Kesehatan setempat untuk ikut serta memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, Bernat Maywa orang tua dari Apolina Maywa, mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad Pos Yakyu yang telah membantu persalinan putrinya yang melahirkan anak keduanya. 

“Mewakili keluarga, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak TNI, dan semoga kelak cucu kami juga dapat berguna dan bermanfaat bagi orang banyak,” ucapnya.

Autentikasi: Pasi Intel Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad, Lettu Inf Asep Saepudin, S.T. Han
 
Top