Warga terdampak Covid-19 menerima bantuan mie instan.
f: ist
JAKARTA - Anggota Dewan Pertimbangan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Zaenal Abidin angkat bicara soal prediksi virus corona atau Covid-19 akan berakhir pada Juni-Juli.

Menurut Zaenal, mengakhiri virus corona di Indonesia tergantung pada kesungguhan masyarakat dan pemerintah. Jika pemerintah dan masyarakat bisa sama-sama bekerja sama dalam penanganannya, maka akhir wabah Covid-19 di bulan Juni dan Juli bukan hal yang mustahil.

"Pilihannya ada pada kesungguhan pemerintah dan masyarakat," kata Zaenal, di Jakarta, Rabu (29/4/2020).

Zaenal mengambil salah satu contoh negara yang berhasil menangani penyebaran virus corona. Vietnam, katanya, salah satu negara yang berhasil membuat strategi ampuh dalam menangani Covid-19. 

Ia menilai cara yang dilakukan Vietnam dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di negaranya sangat ketat. Indonesia bisa meniru, tapi ditekankan Zaenal, keberhasilan penanganan Covid-19 harus dengan kesungguhan dan kekompakan dari pemerintah serta warga negaranya. 

"Kalau kita baca Vietnam dan beberapa negara lain bisa cepat (menangani Covid-19), karena terkait strategi ketat negaranya. Kembali lagi kesungguhan dan kekompakan," ujarnya.

Sumber: okezone
 
Top