PADANG -- Hari ini, Jumat (24/4/2020), terjadi lagi penambahan 10 orang terinfeksi Covid-19, sehingga total telah 96 orang terinfeksi positif Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat.

Pertambahan positif Covid-19 ini menandakan jumlah masyarakat positif terinfeksi Covid-19 di berbagai daerah Sumatera Barat semakin meningkat. Kalau kemarin (Kamis, 23/4/2020) terjadi pertambahan 5 orang, maka hari ini berdasarkan hasil swab tim laboratorium Fakultas Kedokteran Unand terjadi penambahan kasus positif sebanyak 10 orang lagi.

Penyumbang terbanyak masih dari kota Padang yakni sebanyak 6 orang, Pesisir Selatan 2 orang, Kepulauan Mentawai 1 orang dan untuk pertama kali dari Kota Payokumbuah 1 orang.

Enam positif Covid-19 baru untuk Kota Padang adalah:
1. Wanita 61 tahun, ibu Rumah Tangga, Pagambiran, terinfeksi karena kontak dengan warga positif sebelumnya. Sekarang isolasi mandiri di rumah di bawah pengawasan Semen Padang Hospital (SPH) Padang.

2. Pria 30 tahun, warga Aie Dingin Padang, tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan pasien positif sebelumnya. Sekarang dikarantina di Bapelkes Provinsi Sumbar.

3. Pria 60 tahun, warga Tarandam Padang, Pedagang. Terinfeksi di Pasar Raya Padang. Sekarang dirawat di RSUP dr. M Djamil Padang.

4. Wanita 54 th, warga Tanah Sirah Kota Padang, Ibu Rumah Tangga. Terpapar dari anaknya yang baru pulang dari Jakarta. Sekarang isolasi mandiri di rumahnya.

5. Pria 8 th. Warga Pagambiran, Pelajar. Terinfeksi dari warga yang sebelumnya juga telah positif terinfeksi di Pagambiran. Sekarang isolasi mandiri di rumah

6. Wanita 28 th, petugas kesehatan, isolasi mandiri di rumahnya.

Dua positif Covid-19 baru di Pesisir Selatan adalah:

1. Wanita 40 th, warga Tarusan, tenaga kesehatan. Terinfeksi karena kontak dengan pasien sebelumnya yang telah dinyatakan positif. Sekarang diisolasi di Rusunawa Painan.

2. Wanita 36 th, tenaga kesehatan, Tarusan Pessel. Terinfeksi dari pasien sebelumnya yang juga telah positif. Sekarang diisolasi di Rusunawa Painan.

Hari ini Kabupaten Kepulauan Mentawai mendapatkan tambahan 1 (satu) warga positif terinfeksi Covid-19. Artinya telah 2 (dua) orang warga Mentawai positif terinfeksi. Pertama, warga Sipora Selatan, mahasiswi 19 tahun. Terinfeksi karena kontak dengan pasien Mentawai sebelumnya yang juga telah positif terinfeksi. Sekarang dirawat di RSUD Mentawai.

Hari ini Kota Payokumbuah mencatatkan kasus pertama warganya positif terinfeksi covid-19. Pria 59 tahun, pedagang. Diduga terinfeksi karena pulang dari urusan dagangnya di Pasar Aua Kuniang Bukittinggi. Sekarang dirawat di RS Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi.

Satu Sembuh 
Disamping itu, pasien yang dinyatakan sembuh tanggal 24 April 2020 bertambah 1 (satu) orang lagi dari Kota Padang. Wanita 78 tahun dan sekarang telah kembali berkumpul dengan keluarganya di Bunguih Taluak Kabuang.

Juga dilaporkan, bahwa ada 1 (satu) orang pasien RSUD Rasyidin Kota Padang meninggal dunia tanggal 24 April 2020 pada pukul 06.15 WIB, warga Simpang Haru Kota Padang, Wanita 62 tahun.

Dengan demikian total yang positif terinfeksi covid-19 di Sumatera Barat sampai hari ini adalah 96 orang. Dari 96 orang tersebut, 17 orang sembuh, 10 orang meninggal dunia, 24 orang dirawat di berbagai rumah sakit dan 40 orang isolasi mandiri di rumah dan 5 orang di Bapelkes Provinsi Sumbar di Padang.

Berikut rincian perkembangan Covid-19 di Sumbar yang datanya kami himpun dari berbagai rumah sakit dan gugus tugas kabupaten kota se Sumatera Barat, Jumat, 24 April 2020, pukul 15.00 WIB.

Total Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 7.312 orang.


  • Proses pemantauan 533 orang.
  • Selesai Pemantauan 6.779 orang.
  • Pasien Dalam Pengawasan *(PDP)* sebanyak 300 orang.
  • Dari 300 PDP tersebut, 44 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab. Dinyatakan negatif terinfeksi covid-19 sebanyak 242 orang dan isolasi diri di rumah 14 orang.


Rincian Pasien positif terinfeksi Covid-19 berdasarkan Rumah Sakit

RS dr. M Djamil Padang

Dirawat 11 orang.
Isolasi dirumah 9 orang.
Sembuh 8 orang.
Meninggal dunia 5 orang.
Total 33 orang

RS Ahmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi

Dirawat 2 orang
Isolasi dirumah 3 orang
Sembuh 4 orang
Meninggal dunia 0 orang
Total 9 orang

Semen Padang Hospital (SPH)

Dirawat 5 orang
Isolasi di rumah 0 orang
Sembuh 0 orang
Meninggal dunia 1 orang
Total 6 orang

RSUD Pariaman

Dirawat 0 orang
Isolasi dirumah 1 orang
Isolasi di Bapelkes 1 orang
Sembuh 0 orang
Meninggal dunia 0 orang
Total 2 orang

RSUD M Zein Painan

Dirawat 1 orang
Isolasi di Rusunawa 7 orang
Sembuh 0 orang
Meninggal dunia 0 orang
Total 8 orang

RS Bhayangkara

Dirawat 1 orang
Isolasi dirumah 0 orang
Sembuh 1 orang
Meninggal dunia 0 orang
Total 2 orang

RSUD Kep Mentawai

Dirawat 2 orang
Isolasi dirumah 0 orang
Sembuh 0 orang
Meninggal dunia 0 orang
Total 2 orang

RS Yos Sudarso Padang

Dirawat 0 orang
Isolasi dirumah 0 orang
Sembuh 0 orang
Meninggal dunia 1 orang
Total 1 orang

RS Universitas Andalas (Unand)

Dirawat 2 orang
Isolasi dirumah 1 orang
Sembuh 1 orang
Meninggal dunia 2 orang
Total 6 orang

RSUD Sungai Dareh

Dirawat 0 orang
Isolasi dirumah 2 orang
Sembuh 0 orang
Meninggal dunia 0 orang
Total 2 orang

RSUD Lubuak Sikapiang

Dirawat 0 orang
Isolasi dirumah 1 orang
Sembuh 0 orang
Meninggal dunia 0 orang
Total 1 orang

RSUD Rasyidin Padang

Dirawat 0 orang
Isolasi dirumah 1 orang
Sembuh 0 orang
Meninggal dunia 1 orang
Total 2 orang

Pasien Positif Covid-19 yang isolasi mandiri di rumah yang bukan pasien dari salah satu RS rujukan total 21 orang, isolasi mandiri di rumah 15 orang, di Bapelkes 3 orang dan telah dinyatakan sembuh sebanyak 3 orang.

Pendatang Masuk Sumbar 4.694 Orang Per Hari

Dari tim pemantau perbatasan, didapat data bahwa sampai kemarin (Kamis, 23 April 2020) pendatang yang telah masuk ke Sumbar melalui 10 (sepuluh) pintu masuk dari tanggal 31 Maret 2020, telah mencapai jumlah 117.352 orang, rata-rata 4.694 orang perhari.

Dari tim karantina Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, didapat laporan sebagai berikut:

Pada hari ini sebanyak 72 PPT dari Malaysia  dikarantina di pusat karantina Provinsi Sumbar di asrama PPSDM Baso.

Total warga yang telah karantina sampai hari ini adalah 227 orang.  Dengan rincian 104 orang masih di tempat karantina dan 123 lagi telah selesai pengkarantinaannya.

Rincian warga yang masih di karantina  adalah sebagai berikut:

1. ODP sebanyak 12 orang

2. PPT sebanyak 78 orang

3. OD -CPR sebanyak 14 orang.

Warga karantina  per lokasi:

1. Bapelkes Gunung Pangilun, 14 PDP ringabmn atau terinfeksi ringan

2. BLK Padang Panjang, 5 orang, status 3 ODP dan 2 PPT

3. BPP Banda Buek, 9 orang ODP

4. PPSDM Baso, 75 orang PPT dan 1 orang ODP.

5. Tempat karantina lainnya masih kosong.

Kepada Pemkab dan Pemko yang akan mengirim calon warga/pasien ke pusat karantina agar membuat surat pengantar dan status hasil observasi awal dari petugas kesehatan kab/kota, sehingga jelas status orang yang dikirim, apakah PPT atau ODP.

Pemprov Sumbar kembali mengimbau, agar gugus tugas kabupaten dan kota bisa lebih mengefektifkan isolasi di karantina daripada isolasi di rumah, khususnya bagi masyarakat kita yang memiliki keterbatasan dalam proses isolasi di rumahnya atau dengan adanya beberapa peristiwa penolakan dari masyarakat.

Sumber: Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar
 
Top