PADANG -- Sadar bahwa penyebaran virus corona di kota yang ia pimpin semakin hari cenderung meluas, terlihat dari peningkatan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) hingga yang positif, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengingatkan segenap elemen terkait agar lebih maksimal berkoordinasi demi memutus rantai penyebaran virus berbahaya tersebut di Kota Padang. 

Ia juga mengingatkan lurah, RT/RW serta Puskesmas untuk terus melakukan koordinasi, mendata siapa-siapa yang datang ke Kota Padang. 

"Sebagaimana kita lihat saat ini bahwa ada warga kita yang positif namun tidak menunjukan gejala yang tidak begitu signifikan. Untuk itu pendataan harus lebih maksimal lagi," ujarnya usai memimpin rapat perdana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Kota Padang, di aula Bagindo Azis Chan, Balai Kota Padang, Kamis (9/4/2020) malam. 

Mahyeldi juga meminta kepada tim yang bertugas di perbatasan Kota Padang untuk lebih memperketat pengawasan pintu-pintu masuk ke Kota Padang dan memasifkan sosialisasi bahaya virus corona  kepada seluruh masyarakat. 

Ia menilai, kesadaran masyarakat tentang bahaya penyebaran Covid-19 masih kurang. Hal itu dilihat dengan masih banyaknya masyarakat keluar rumah tidak memakai masker, termasuk melakukan perjalanan di malam hari diluar batas jam yang ditentukan. Untuk itu ia menginstruksikan kepada Satpol PP dan tim SK 4  untuk terus melakukan koordinasi dan lebih memaksimalkan lagi penindakan, agar hal upaya menekan penyebaran Covid-19 di Kota Padang lebih maksimal. 

Terkait rapat malam itu, Wali Kota Mahyeldi menjelaksan bahwa yang dibahas antara lain tentang tugas pokok dan fungsi struktur organisasi pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Padang berikut sederet agenda penting lainnya. 

"Ini rapat pertama yang kita gelar bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Padang yang melibatkan TNI, Polri, Kejaksaan dan semua gugus tugas yang terlibat," ungkap Mahyeldi. 

Rapat ini juga dimaksudkan untuk memaksimalkan koordinasi dan memperjelas kembali tugas pokok dan fungsi di masing-masing bidang dengan koordinator agar pelaksanaan penanganan virus corona itu berjalan dengan baik.    

"Karena SK gugus depan ini baru keluar maka hari ini kita gelar rapat agar koordinasi kita lebih maksimal di lapangan," jelas Wako Mahyeldi. 

Dengan digelarnya rapat ini, ia mengharapkan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Padang mengetahui tanggung jawab dan kinerja kedepan. Apa yang diperbuat dan bertanggungjawab kepada siapa.

Selain Wali Kota Padang yang didampingi wakilnya Hendri Septa, hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Padang Amasrul, Asisten I Edi Hasymi, Asisten II Hermen Peri, Asisten III Didi Aryadi, Komandan Kodim 0312/Padang Kolonel Arh Nova Mahanes Yudha, pimpinan OPD dan unsur Forkopimda Kota Padang.

(rel/oel)
 
Top