PALEMBANG -- Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan sinergi yang baik dibuktikan oleh pihak PT. PLN (Persero) untuk mengaliri listrik bagi masyarakat di Sumsel. Hal itu juga menjawab keinginan masyarakat yang selama ini membutuhkan aliran listrik dari PLN ke beberapa wilayah di Sumsel.

"Saya ucapkan terima kasih kepada pihak PLN atas sinerginya selama ini, apalagi Sumsel memiliki SDA yang luar biasa sehingga dapat terkelola dengan baik minimal untuk masyarakat Sumsel itu sendiri," ujar HD.

Hal itu dikatakannya saat menerima Direktur Bisnis Regional Sumatera dan Kalimantan PT. PLN (Persero) Kantor Pusat , Wiluyo Kusdwiharto beserta jajaran di Ruang Tamu Gubernur, Senin (24/5/2021).

Menurutnya listrik ini benar-benar sangat dibutuhkan sekali bagi masyarakat tak terkecuali di beberapa wilayah di Sumsel. Misalnya di Kabupaten OKI Kecematan Sungai Menang Desa Wahyu Mandira, dimana kebutuhan listrik sangatlah penting bagi para tambak udang, karena kebutuhan listrik yang mahal menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang menelan biaya cukup mahal.

"Jadi listrik disana sangat dibutuhkan karena para petambak udang disana terbebankan listrik bukan pakan. Kenapa mereka cuma berani panen 70 hari dan tidak berani 110 hari, hal itu karena biaya yang cukup mahal, dengan adanya listrik tentu panennya akan memiliki bobot yang baik," ucapnya.

HD juga menceritakan rencananya bersama General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu UIW S2JB, Daryono pada saat itu untuk mengaliiri listrik di beberapa desa yang masuk dalam taman nasional. 

Selain itu HD juga mengajak PLN untuk menjadikan Sumsel ini sebagai pengembangan energi terbarukan di satu kota.

Sementara itu, Direktur Bisnis Regional Sumatera dan Kalimantan PT. PLN (Persero) Kantor Pusat , Wiluyo Kusdwiharto menyebutkan dalam waktu dekat akan diresmikannya pasokan listrik di empat kabupaten diantara Kabupaten OKI, Muara Enim, OKU Selatan dan Banyuasin.

“Untuk di OKI akan dialiri listrik di Kecematan Sungai Menang Desa Mandira, Kecamatan OKU Selatan di Kecematan Buay Pemaca Desa Sinar Baru, Kemudian ada  dua di Kabupaten Banyuasin dan tiga Kabupaten Muara Enim. Kami harap akan pada akhir bulan Juni nanti kesediaan pak gubernur untuk menghadiri peresmiannya,” katanya.

Dia berharap Gubernur Sumsel untuk tetap terus mendukung pihaknya dalam menyuplay listrik bagi masyarakat Sumsel. Tak hanya di situ, PT PLN juga akan mendukung kebijakan gubernur Sumsel  yang menginginkan Sumsel 100 persen teraliri listrik.

“Kami siap mendukung keinginan pak gubernur,” ucapnya.

Dengan memiliki sumber energi yang berlimpah di Sumsel, lanjut Wiluyo pihaknya akan memasok listriknya ke Provinsi Bangka Belitung mengingat disana membutuhkan listrik untuk tambak udang.

“Kebetulan di Sumsel ini listirknya berlebih maka kita akan pasok ke Provinsi Bangka Belitung mengingat disana memiliki potensi udang yang luar biasa. Dua tahun lalu kami sudah lakukan dengan suplay melalui  kabel dasar  laut dan saat ini sedang kontruksi, kami mohom izin dan dukungannya dari pak gubernur semoga ini berjalan lancar,” katanya.

Turut hadir pada kesempatan ini, Plt. Asisten II Pemprov Sumsel Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Dr.Ekowati Retnaningsih, GM PLN UIW S2JB, Bambang Dwiyanto, Dendi Kusumawardana (GM PLN UIP SBS), Riza Novianto Gustam (Ketua TP PKK Musi Rawas & Mitra PLN), Djoko Mulyono (GM PLN UIK SBS) serta Dispriansyah (GM PLN UIP3BS).(rel)

#rel/oel





 
Top