TANAHDATAR, SUMBAR -- Peranan Satuan Pengawas Intern (SPI) atau auditor internal sangat penting dalam sebuah perusahaan. SPI harus memiliki skedul kerja dalam setiap agenda, sehingga ketika ada pemeriksaan dari Kantor Akuntan Publik (KAP), perusahaan sudah siap dengan segala data yang dibutuhkan oleh pemeriksa. SPI harus selalu mengevaluasi setiap laporan yang diberikan oleh masing-masing divisi setiap bulannya. 

Demikian ditekankan Ketua Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia Sumatera Barat (Perpamsi Sumbar) Hendra Pebrizal, ketika menutup secara resmi Pelatihan Peranan SPI dalam Good Corporate Governance (GCG) atau tata kelola perusahaan yang baik, di Hotel Emersia, Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Jumat (21/5/2021) sore.

"Setelah  pelatihan ini nantinya, SPI dituntut mampu memberikan saran dan masukan kepada Direksi tentang hal-hal yang harus dan patut untuk dilakukan dan dievaluasi. Jangan takut memberikan masukan, karena hal itu penting," tegas Hendra Pebrizal yang juga Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda AM) Kota Padang.

Ditekankan lebih lanjut bahwa SPI sebagai mata dan telinga Direksi diharapkan dapat mendeteksi permasalahan yang timbul. Karena kalau bukan SPI, siapa lagi yang akan mengingatkan langkah dan keputusan yang akan diambil Direksi kedepan? Dengan masukan dan saran yang diputuskan bersama, hasilnya pun akan baik. 

Secara garis besar, imbuhnya, SPI di perusahaan harus dapat mendorong pencapaian tujuan perusahaan dengan tata kelola perusahaan yang baik.

Peran auditor internal perusahaan harus dapat memberikan early warning kepada manajemen perusahaan untuk mencegah dan meminimalisasi dampak kebijakan-kebijakan yang dapat merugikan perusahaan. SPI juga termasuk salah satu dari pilar-pilar GCG. 

Selaku Ketua Perpamsi Sumbar, Hendra Pebrizal menghaturkan terimakasih kepada PDAM yang telah mengutus karyawan terbaiknya untuk mengikuti pelatihan yang digelar selama 2 hari tersebut. Ia berharap, semoga pelatihan ini bermanfaat bagi semua peserta yang hadir, dapat menambah wawasan serta pengetahuan untuk diaplikasikan dalam segala kegiatan di lingkungan kerja masing-masing.

#rel/ede





 
Top