JAKARTA -- Pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengajak masyarakat belanja online untuk kuliner, disindir belasan ribu netizen. Pasalnya, Presiden Jokowi menyebut Bipang Ambawang, kuliner khas Pontianak, Kalimantan Barat.

Bipang merupakan singkatan dari babi panggang, kuliner khas Kalimantan Barat. Sontak saja, video Jokowi tersebut viral di media sosial dan mendapat tanggapan yang beragam dari warganet di media sosial.

Ini Video Terkait

"Karena masih dalam suasana pandemi pemerintah melarang mudik dan untuk bapak ibu yang rindu masakan atau kuliner khas daerah atau yang biasanya mudik membawa oleh-oleh bisa memesannya secara online," kata Jokowi dalam satu video yang dibagikan di media sosial.

"Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, empek empek Palembang, bipang Ambawang Kalimantan dan lain-lain tinggal pesan dan makanan kesukaan kesukaan akan sampai di rumah," ucap Jokowi nenambahkan.

Ucapan Jokowi pun masuk trending topics nasional pada Sabtu (8/5/2021). Hingga pukul 11.45 WIB, sedikitnya ada 11.000 kicauan yang memuat kata `bipang` yang disebut Presiden.

"Puluhan tahun hidup di Indonesia dan lewati suasana mudik lebaran ciri khas umat muslim jelang Idul Fitri, baru tahun ini, seorang Presiden promosikan Bipang Ambawang," kata warganet pengguna akun @ZAEffendy.

Ada pula yang menganggap Jokowi tak paham persoalan karena sekadar membaca teks tanpa memahami persoalan. Ini hal yang dianggap lucu sekaligus ironi.

"Bipang kan babi panggang. Baca teks tapi ga memahami, gimana kebijakan negara?" tulis akun @dappiduk.

Akun @tyanrhama juga menyindir soal ini.

"The President of Indonesia endorsed a dish made of roasted pig for Eid al Fitr," katanya.

Akun @Hilmi28 pun meminta klarifikasi dari Presiden terkait penyebutan kuliner tersebut.

Assalamu`alaikum Pak @jokowi , mhn diklarifikasi ttg oleh2 lebaran Bipang Ambawang," katanya. Diketahui, Hilmi adalah seorang ustadz kondang.

Secara umum, bipang Ambawang merupakan kuliner khas Kalimantan Barat yang diolah dengan memanggang daging babi muda hingga empuk beserta bumbu tradisional di dalamnya.

Dalam potongan video yang viral itu, Jokowi mengenakan kemeja putih yang dirangkapi dengan jaket hijau.

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Fadjroel Rachman mengaku tak tahu ihwal pidato Jokowi mempromosikan bipang Ambawang itu. Termasuk, kapan video itu dibuat karena mengacu pada situs resmi Sekretariat Presiden, tidak ada video yang dimaksud.

Fadjroel tak kunjung merespons pertanyaan terkait hal itu. Belakangan, Fadjroel di akun Twitternya mencuit penjelasan soal bipang, namun bukan bipang Ambawang sebagaimana disebut Presiden Jokowi dalam video yang viral.

"Ini BIPANG atau JIPANG dari beras. Makanan kesukaan saya sejak kecil hingga sekarang. BIPANG atau JIPANG dari beras ini memang makanan hits sampai sekarang ya. Nuhun ~ #BungFADJROEL #Bipang", demikian cuit Fadjroel.

Berdasarkan penelusuran yang didapati, video pidato Jokowi itu diunggah di akun YouTube Kementerian Perdagangan (Kemendag) pada 5 Mei 2021. Pada saat itu, Kemendag menggelar Hari Bangga Buatan Indonesia. 

Rangkaian dari acara Hari Bangga Buatan Indonesia itu disiarkan secara online di akun YouTube selama 28 menit 39 detik. Presiden Jokowi di acara itu mulai pidatonya di menit 8.23.

#bin/oel 




 
Top