PADANG -- "Tibo nampak muko pulang nampak pungguang" (datang tampak wajah pulang tampak punggung_red). Pepatah inilah kiranya yang bisa menggambarkan kegiatan silaturrahim Pelaksana Tugas (Plt) dan mantan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat (Kakanwil Kemenag Sumbar), Kamis (20/6/2021) di aula Amal Bhakti I.

Sejak dilantik sebagai Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (AAKK), tugas-tugas yang selama ini diemban H. Hendri sebagai Kakanwil Kemenag Sumbar digantikan oleh H. Syamsuir yang saat ini menjabat Kepala Kantor Kemenag (Kakankemenag) Kabupaten Solok Selatan. 

Jabatan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) akan diemban Syamsuir sampai ada pejabat defenitif yang ditunjuk  Menteri Agama RI dan diseleksi melalui jalur assesmen. Sebelum dilantik sebagai Kakankemenag Solok Selatan Syamsuir juga pernah menjabat Plt. Kakanwil Kemenag Sumbar sebelum dijabat Hendri. Kala itu ia masih menduduki jabatan Kepala Bidang Urais.

Mengawali sambutannya dalam silaturrahim ini, mantan Kakanwil Hendri mengucapkan terima kasih dan selamat kepada Plt. Kakakanwil Kemenag. "Dengan dilantiknya saya sebagai Kepala Biro AAKK otomatis jabatan saya berpindah ke UIN Imam Bonjol Padang," ungkap Hendri. 

Dikatakan Hendri selama menjabat sejak Desember 2017 sampai pertengahan 2021 sudah banyak yang dilakukan tetapi banyak juga yang belum terlaksana dengan baik. "Karena dalam melaksanakan tugas tidak ada gading yang tidak retak, tidak ada piring yang tidak pecah dan tidak ada atap yang tidak bocor," imbuhnya. 

"Mungkin selama melaksanakan jabatan ada ucapan atau tindakan saya yang tidak berkenan di hati bapak ibu ataupun ada keputusan saya yang membuat tidak enak hati karena ada kebijakan dari pusat yang harus dilaksanakan, saya mohon maaf," tutur Hendri. 

Tak lupa Hendri juga memberikan apresiasi untuk seluruh pejabat dan ASN di lingkungan Kemenag Sumbar, yang telah bekerja keras melahirkan program program inovatif.  

Sementara itu Syamsuir selaku Plt. Kakanwil Kemenag Sumbar mengakui banyak karya dan prestasi yang telah dilahirkan Kanwil Kemenag Sumbar. "Itu semua berkat dukungan beliau sebagai kepala dan tentu kerjasama kita semua," tukasnya. 

Selain bersyukur atas amanah yang diberikan kepadanya, Syamsuir juga minta jajarannya menjadi ASN yang baik dan loyal terhadap lembaga. 

"Saya berharap mudah-mudahan apa yang telah dilakukan dan program yang ditinggal Bapak Hendri, kalaupun tak sama minimal lebih meningkat dari itu," ungkapnya diiringi tepuk tangan hadirin. 

Ia juga bertekat program yang sudah dilahirkan dan dijalankan selama ini akan dijabarkan dan diperkuat lagi. "Untuk itu saya minta dan mohon bantuan serta kerjasama dari seluruh pejabat dan teman teman di daerah kabupaten kota se Sumatera Barat," pinta putra Pesisir Selatan ini. 

Silaturrahim yang berjalan singkat dan sederhana ini tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, menjaga jarak dan menjaga mobilitas. 

#rel/ede





 
Top