JAKARTA -- Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Alex Denni meminta seluruh PNS untuk meningkatkan kemampuan kapasitasnya. Sebab, hanya PNS yang punya kinerja baik, yang bisa bertahan. 

"Kita perlu waspadai job-job ASN akan hilang seperti dokter, guru. Ini tidak akan kita sadari karena dari tahun ke tahun merekrut sangat banyak," ujar Deputi Alex Denni dalam rapat koordinasi nasional (Rakornas) kepegawaian BKN 2021 secara hybrid, Kamis (1/7/2021).  

Ia mengingatkan, jangan sampai nanti pada suatu waktu tertentu terpaksa melakukan PHK massal. Karena pada waktu yang sama pemerintah sedang melakukan SPBE (sistem pemerintahan berbasis elektronik), digitalisasi, dan lain-lain. Konsekuensi dari digitalisasi kata Alex adalah job yang hilang dan job baru muncul.

"Agenda kami untuk dua sampai tiga tahun ke depan adalah lebih banyak membahas perilaku. Kalau perilaku tidak berubah hasilnya tidak maksimal. Bahkan bisa lebih buruk daripada sebelumnya," tegasnya.

Selain itu tambah Alex, perlu ada mindset baru. Bayangkan kalau PNS mindset-nya adalah masuk ASN biar lebih santai, bisa dapat pensiun, ada banyak waktu

PNS juga berpikir kementeriannya tidak akan bubar, sehingga tidak akan kena PHK.  Ini yang akan diubah bahwa PNS akan bertahan bila kinerjanya baik dan selalu meningkatkan kapasitasnya. 

Menurut Alex, tidak fair orang lain bekerja keras, bayar pajak dan disetor ke negara. Negara kemudian menggaji ASN tetapi yang bersangkutan bekerja ala kadarnya.  

Dunia profesional kata Alex, sangat terbiasa dengan sistem kerja kontrak. Namun, ASN sangat terbiasa mengandalkan status PNS. Di pikiran mereka sudah pasti akan mendapatkan pensiun.

Ini yang harus dibahas bersama dengan instansi terkait lainnya untuk mengubah hal itu secara fundamental," tandasnya.

#jpnn/bin




 
Top