JAKARTA -- Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau lokasi vaksinasi massal di Cibis Park Jalan TB Simatupang, Jakarta Salatan, Selasa (6/7/2021). 

Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 6 sampai 8 Juli 2021 bekerja sama dengan organisasi massa (Ormas) Islam Rabithah Alawiyah dengan target vaksinasi sebanyak 4.500 orang. Sementara target per hari 1.000 s.d 1.500 orang per hari dengan sasaran masyarakat umum.

"Stok vaksin yang dipersiapkan dalam kegiatan ini sebanyak 4.500 dosis jenis Sinovac. Sedangkan petugas vaksinator yang dilibatkan dalam kegiatan ini sebanyak 25 orang terdiri 20 Polri dan 5 TNI," kata Kapolri dalam keterangannya. 

Selain di Cibis Park, Panglima dan Kapolri juga mengunjungi vaksinasi massal di kantor Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan Pusat Pelatihan SDM Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Tentang Rabithah Awaliyah

Rabithah Alawiyah adalah suatu organisasi massa Islam yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan. Organisasi ini bertanggung jawab untuk mencatat dan menghimpun keturunan Nabi Muhammad SAW di Indonesia. Pencatatan nama-nama keturunan Nabi Muhammad SAW menjadi hal penting untuk diketahui oleh umat Islam.

Sejarah Rabithah Alawiyah

Dikutip dari website resmi Rabithah Alawiyah nama awal dari organisasi Islam ini adalah “Perkoempoelan Arrabitatoel-Alawijah”. 

Pada tanggal 8 Maret 1928, perkumpulan ini mengirimkan surat permintaan pengesahan yang ditanda tangani oleh Sayid Muhamad bin Abdulrahman bin Syahab yang menjabat sebagai ketua pertama Rabithah Alawiyah dan Sayid Achmad bin Abdullah Assagaf yang menjabat sebagai sekretaris pertama Rabithah Alawiyah. Surat ini dikirimkan kepada Tuan Besar Hindia Nederland, G.R. Endbrink. 

Kemudian pada tanggal 27 Desember 1928 di Bogor, Tuan Besar Hindia Nederland, G.R. Endbrink mengakui bahwa “Perkoempoelan Arrabitatoel-Alawijah” sebagai perkumpulan legal (rechtspersoon).

Pada zaman itu Perkoempoelan Arrabitatoel-Alawijah bermarkas di Tanah Abang Jakarta Pusat dan memiliki beberapa cabang yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia seperti Surabaya, Bondowoso, Gresik, Pekalongan, Solo dan Semarang. Sementara itu organisasi ini juga memiliki beberapa perwakilan di beberapa daerah seperti di Probolinggo, Cianjur, Sukaraja, Tulung Agung, Bangil, Ende, Tegal, Jombang, Jember, Makassar, Mojosari, Lumajang, Malang, Sumenep dan Banyuwangi.

Tujuan Rabithah Alawiyah

Beberapa tujuan awal didirikannya perkumpulan ini seperti tertera di Stauen, yaitu untuk memajukan bangsa Arab Hadrami baik secara jasmani maupun rohani, kemudian untuk menguatkan tali persaudaraan antara golongan sayyid dan orang Arab Hadrami lainnya, mendidik para anak piatu, menolong janda dan orang yang tidak mampu bekerja dan juga fakir miskin. Perkumpulan ini juga bertujuan untuk memelihara keturunan Sayyid dan menyebarkan penyebaran agama Islam, bahasa Arab serta ilmu lainnya.

Tokoh Rabithah Alawiyah Sekarang

Saat ini pemimpin Rabithah Alawiyah adalah Zen bin Smith dan bermarkas di Jalan TB. Simantupang No 7A, Jakarta Selatan.

#BidhumasPoldaSumbar

#RedaksiSumatrazone





 
Top