SOLOK, SUMBAR -- Meski sudah berstatus mantan wakil rakyat, namun tingginya kepedulian sosok yang satu ini terhadap masyarakat patut ditauladani. Di saat berbagai elemen masih berencana atau baru memikirkan formula terbaik penanganan virus corona atau Covid-19, bersama tim relawannya pria ini terus bergerak secara massif membantu meringankan beban masyarakat di tengah pandemi. 

Hingga Jumat (8/5/2020), dari 74 nagari yang ada di Kabupaten Solok, sudah hampir 30 nagari yang disambangi tim relawan sang mantan anggota DPR RI tiga periode ini dalam rangka penyaluran zakat berupa sembako.

Dengan total zakat keluarga yang mencapai Rp 5 miliar, penyaluran sedianya akan terus berlangsung hingga sebelum hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah. Meski terkadang niat mulianya berbagi rezeki dipandang sinis bahkan dipolitisir oleh sebagian orang, terutama dari rival politiknya, namun ia beserta segenap tim relawan memilih cooling down, tidak menanggapi dengan emosional. 

"Anjing menggongong, kafilah berlalu. Demikian kira-kira prinsip sang mantan legislator tingkat pusat ini. 

Pria dengan nama dan gelar lengkap H. Capt. Epyardi Asda, M. Mar, menegaskan, dirinya menyerahkan segala sesuatunya kepada Allah Swt.

"Allah tahu apa yang kita niatkan. Silahkan masyarakat yang menilai sendiri. Zakat yang saya serahkan adalah zakat keluarga, sebagai ucapan terimakasih saya kepada masyarakat Kabupaten Solok yang sudah memilih saya tiga periode untuk duduk di DPR RI. Termasuk untuk anak saya Athari Gauthi Ardi yang pada Pileg 2019 lalu Alhamdulillah juga dipercaya jadi anggota DPR RI," ungkap H. Epyardi Asda, di sela-sela pembagian zakat di Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, tadi siang.

Pada Jumat (8/5/2020) ini, pembagian zakat dilakukan di empat nagari di Kecamatan Gunung Talang dan satu nagari di Kecamatan Danau Kembar. Di Kecamatan Gunung Talang, pembagian zakat dimulai dari Nagari Koto Gadang Guguak, yakni sebanyak 400 paket ditambah 50 sarung. Kemudian dilanjutkan ke Nagari Batang Barus sebanyak 500 paket dan 50 sarung. 

Berikutnya tim bergerak ke Nagari Aie Batumbuak sebanyak 250 paket ditambah 50 sarung dan terakhir di Kecamtan Gunung Talang di Nagari Simpang Tanjung Nan IV sebanyak 800 dan 50 sarung.

Tampak hadir pada acara tersebut selain H. Epyardi Asda, sang putri tercinta Athari Gauthi Ardi, Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, anggota DPRD Kabupaten Solok, Aurizal dan Etraneldi, mantan anggota DPRD Kabupaten Solok, Yondri Samin, Gusrial Abbas, para Walinagari serta LPMN, BPN dan tokoh masyarakat. 

Selain zakat juga dilakukan penyerahan sembako, disaksikan oleh anggota Polsek dan Koramil serta petugas dari Satpol PP Kabupaten Solok. 

Pembagian total zakat di nagari tersebut, tergantung jumlah penduduk sebuah nagari, makanya total zakat yang diserahkan tidak sama untuk setiap nagari.

"Kita menyadari, tentu belum semua warga yang mendapatkan zakat dari kita, tetapi kita berharap bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat kita yang saat ini sedang dilanda musibah Covid-19, dimana ruang gerak kita dibatasi," sebut H. Epyardi Asda.

Lebih lanjut ayah tercinta dari anggota DPR RI Athari Gauthi Ardi ini menjelaskan bahwa pemberian zakat ini adalah kegiatan rutin setiap tahun dan ini merupakan tahun ke-15 bagi keluarga besarnya.

"Kita berharap bantuan ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam situasi sulit seperti ini. Semoga hal ini menjadi amal ibadah bagi saya dan keluarga dan sampai kepada keluarga yang membutuhkan," harap sosok dermawan tersebut.

Putra Solok yang di tingkat nasional menjabat Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga berpesan agar masyarakat tetap tabah dalam menghadapi berbagai cobaan dan rintangan.

"Ini semua adalah ujian dari Allah dan kita manusia wajib untuk mempercayainya. Semoga covid-19 ini segera berakhir dan ekonomi kita dan dunia bisa berjalan normal kembali," tambah H. Epyardi Asda.

Pihaknya nenyebut, bahwa bantuan ini murni kemanusian dan sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari.

"Terserah oranglah mau bicara apa atau mau menghubungkannya dengan Pilkada atau apa, tetapi kami berbuat saja dulu biar masyarakat sendiri yang menilai. Saat ini adalah waktunya untuk berbuat ke masyarakat, bukan waktunya berdebat," tegasnya.

Terkait PSBB dan kewaspadaan terhadap Covid-19, menurut H. Epyardi Asda pihaknya selalu melakukan penyemprotan disinfektan dulu di setiap lokasi pembagian zakat guna mencegah infeksi virus corona agar tidak meluas. Baik ketika acara dilaksanakan di arel publik maupun di kantor walinagari yang dikunjungi. 

Adapun bantuan yang diserahkan, selain berupa zakat juga berwujud sembako, masker, APD bahkan penyemprotan tempat ibadah.

Warga Koto Gadang Guguak, Upik (30) mengaku sangat senang dengan bantuan dari H. Epyardi Asda ini.

"Bantuan ini sangat berharga bagi kami. Menunggu bantuan dari pemerintah entah kapan mau cair. Saya berterimakasih kepada Bapak Epyardi Asda yang sudah memberikan kami bantuan sembako dan sudah menunjukan rasa kepedulian nyata di tengah musibah ini. Sungguh ini sangat membantu sekali. Semoga umur beliau panjang," sebut Salim diamini temannya Fitri yang juga warga setempat.

Ucapan terimakasih juga disampaikan Wali Nagari Batang Barus, Syamsul Azwar berikut semua wali nagari yang menerima bantuan. Mereka merasa sangat bangga sekaligus haru atas rasa peduli tokoh masyarakat Kabupaten Solok tersebut, yang  cepat tanggap dan ikhlas berbagi di tengah beratnya beban hidup yang saat ini dipikul masyarakat.

"Terimakasih kepada beliau Bapak H. Epyardi Asda, yang sudah berbuat nyata. Semoga beliau selalu diberi kesuksesan kesehatan dan keberkahan oleh Allah Swt sehingga terus bisa berbakti dan  mengabdikan diri untuk negeri ini," ungkap Syamsul Azwar.

Hal yang sama juga disampaikan Walinagari Air Batumbuk, Yuneldi yang menerima bantuan untuk disalurkan ke masyarakat.

"Terimakasih Bapak H. Epyardi Asda, semoga kebaikan bapak bersama keluarga dibalas Allah dengan pahala," sebut Yuneldi.

Bantuan zakat diserahkan di kantor Wali Nagari masing-masing. Sebagaimana halnya di Batang Barus, warga penerima zakat seluruhnya wajib memakai masker, dan bagi yang tidak ada akan diberi di lokasi. Warga dengan tertib menjaga jarak atau physical distancing menunggu antrian sesuai imbauan pemerintah.

Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, atas nama pemerintah daerah mentampaikan ucapan terimakasih kepada tokoh nasional, H. Epyardi Asda, yang sudah memberi bantuan kepada masyarakat Kabupaten Solok di tengah wabah Covid-19.

"Semoga beliau disehatkan selalu dan dimudahkan segala urusan dan langkah beliau," sebut H. Yulfadri Nurdin.

Sabtu (9/5/2020) besok, sedianya akan dilanjutkan pembagian zakat di Nagari Salayo, Koto Hilalang, Gantung Ciri, Gaung dan Panyangkalan. Kemudian, Senin (11/5/2020) mendatang, giliran Nagari Koto Anau, Batu Banyak, Limau Lunggo, Koto Laweh, Salayo Tanang Bukik Sileh, Batu Bajanjang dan Kampuang Batu Dalam.

"Jadwal itu bisa berubah, melihat situasi dan kondisi setempat," sebut panitia zakat Epyardi, Yondri Samin dan Gusrial Abbas. *** 

Sumber: patronnews
Disarikan kembali oleh: redaksi.sumatrazone




INTERAKTIF:  +62 823 8703 9287

 
Top