PASAMAN, SUMBAR -- Operasi Ketupat Singgalang 2021 di wilayah hukum Polres Pasaman sedianya akan dilaksanakan mulai Kamis (6/5/2021) besok hingga 17 Mei mendatang. Operasi tersebut juga terkait dengan pelaksanaan pengamanan lebaran dan pencegahan penyebaran Covid-19. 

Kasat Lantas Polres Pasaman Iptu Saherman, selepas apel gelar pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2021 di halaman mapolres, Rabu (5/5/2021), memaparkan, sejauh ini pihaknya gencar mengimbau masyarakat supaya disiplin menerapkan protokol kesehatan. Himbauan dalam upaya mencegah sebaran Covid-19 di wilayah hukum Polres Pasaman tersebut, lain disampaikan melalui spanduk atau baliho. Agar masyarakar tidak abai protokol kesehatan, selalu memakai masker, cuci tangan pakai sabun dan menghindari kerumunan. 

Baca juga: Kapolres Pasaman Imbau Masyarakat Tidak "Balimau" di Sungai

Selain itu, pihaknya juga intens mengawasi arus mudik, baik dari luar maupun dalam provinsi Sumatera Barat, dengan menempatkan pos-pos penyekatan di batas provinsi. Seperti di Muaro Cubadak yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Utara, Sungai Rumbai dengan Provinsi Riau. 

Penyekatan, tambah Saherman, juga dilakukan di dalam provinsi, seperti, perbatasan Pasaman dengan Kabupaten Agam, perbatasan Pasaman dengan Kabupaten Pasaman Barat, lalu Kecamatan Dua Koto dengan perbatasan Kabupaten Pasaman Barat. Sementara di ibukota kabupaten, Lubuk Sikaping, telah didirikan pos pelayanan.

Pada masing-masing pos penyekatan, disiagakan tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan, lalu personel Satpol PP, TNI dan personil dari Polres Pasaman. 

Di pos pemyekatan tersebut, kalau ada pemudik yang berasal dari Sumatera Utara menuju Sumatera Barat melalui Muaro Cubadak, akan dilakukan pemeriksaan oleh tenaga kesehatan. Pemeriksaan dilakukan guna memastikan apakah pengemudi maupun penumpang kendaraan membawa surat keterangan bebas Covid-19. Terhadap mereka juga dilakukan rapid test antigen.

#ede




 
Top