SIBERUT, MENTAWAI – Pengaruh global telah membawa perubahan mendasar terhadap tatanan kehidupan masyarakat. Menyikapi fenomena tersebut, Kepolisian Republik Indonesia meluncurkan program unggulan Quick Wins dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat melalui pelaksanaan tugas polisi yang cepat dan cepat, terutama ketika memberikan pertolongan pertama kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Penerapan program unggulan ini membutuhkan saling komunikasi dan interaksi positif antara Polri dengan masyarakat,” ungkap Kapolres Mentawai, AKBP Hendri Yahya, SE,  Sabtu (22/9/2018), usai melaksanakan kunjungan kerja di Mapolsek Muara Siberut serta tatap muka bersama masyarakat nelayan di Kecamatan Siberut Barat Daya.

Dalam kegiatan kunjungan kerja tersebut, Kapolres Hendri Yahya memberikan arahan terkait Operasi Mantap Brata kepada personil Polsek Muara Siberut sebagai persiapan pelaksanaan deklarasi pemilu damai aman sejuk di bumi sikerei jelang pemilu dilaksanakan.

Melalui program Quick Wins, terang Hendri Yahya, Polri memberikan memberikan penyuluhan kepada masyarakat pesisir untuk penertiban dan penegakan hukum bagi organisasi radikal dan anti Pancasila di wilayah mentawai. 


Selain itu, memberikan pemahaman serta kesadaran masyarakat dalam menyikapi informasi secara peka dan tanggap supaya masyarakat lebih tahu misi polisi dalam mengemban tugas di tengah masyarakat, khususnya di kawasan perairan.

Sesuai misi yang dilakukan, ia mengharapkan jajarannya terutama Pol Airud agar senantiasa memberi pelayanan prima terhadap masyarakat pesisir dengan tetap melaksanakan program Quick Wins sebagai upaya meningkatkan kerjasama polisi perairan dengan masyarakat pesisir pantai demi terciptanya Kamtibmas, yakni perairan aman dan kondusif.

Ia menghimbau kepada masyarakat nelayan agar pada saat menangkap ikan menggunakan alat yang ramah lingkungan yang tidak merusak ekosistem di laut, terutama terumbu karang serta. Kemudian juga dilarang menggunakan alat yang membahayakan.

Kapolres Hendri Yahya berharap, dengan adanya penyuluhan Quick Wins ini diharapkan jalinan komunikasi masyarakat dengan polisi berjalan dengan baik, serta masyarakat di bumi sikerei semakin paham  dan sadar hukum.

Usai penyuluhan, Kapolres Mentawai beserta rombongan melakukan pembagian sarana kontak berupa bantuan sembako sebanyak 50 paket yaitu beras, mie instan, gula pasir, minyak goreng, kopi, teh, garam, susu, live jacket, live box 20  eksemplar, teks Pancasila 40 pieces yang telah diframe, serta bendera merah putih sebanyak 30 lembar.

Kegiatan dipimpin Kapolres Mentawai, dihadiri, Camat Siberut Barat Daya, Kabag Sumda, Kasat Intelkam, Kasat Pol Airud, Kanit Sat Reskrim, Kapolsek Muara Siberut, tokoh masyarakat dan masyarakat nelayan. 

(ers/ede)
 
Top