MELBOURNE– Gubernur Sumatra Barat, Prof. H. Irwan Prayitno mempresentasikan potensi investasi Sumatra Barat di Forum Indonesia Australia Business Summit (IABS) 2018, bertempat di Hotel Grand Hyatt, Melbourne, Kamis (27/9/2018).

Forum IABS 2018 yang digagas oleh Dubes RI Untuk Australia Kristiarto Legowo dan Kepala BKPM RI Thomas Lembong itu dihadiri ratusan pengusaha Australia dan pengusaha Indonesia yang ada di Australia.

“Investasi yang kita tawarkan adalah sektor pariwisata, energi baru dan terbarukan, perikanan dan pertambangan,” sebut Gubernur IP usai presentasi. 

“Kita mengajak pengusaha Australia dan pengusaha Indonesia yang ada di Australia untuk berinvestasi di Sumbar,” tambahnya.

“Forum ini juga kita manfaatkan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan Aussie ke Sumbar, terutama ke Mentawai dan Mandeh,” tegas politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Di kesempatan itu Gubernur IP juga menawarkan sektor perikanan, yaitu untuk penangkapan dan pengolahan ikan, termasuk budidaya Mutiara. “Di bidang energi baru terbarukan, kita menawarkan Mikro Hydro yang potensinya lebih kurang 1.600 MW, dan Geothermal 1.200 MW,” jelasnya.

Gubernur IP juga membuka peluang ekspor Randang dan kuliner khas Sumbar ke Australia, terutama Sidney dan Melbourne. “Sudah ada pengusaha yang memulainya,” ujarnya.

Hadir mendampingi Gubernur IP di Melbourne, antara lain Walikota Payokumbuah Riza Falepi, Kadis DPM PTSP Maswar Dedi, Kadis Pariwisata Oni Yulfian, Kepala Bappeda Hamsastri, Kepala Biro Humas Jasman Rizal, serta Kepala Biro Kerja Sama Pembanguman dan Rantau, Luhur Budianda.

(rel/ede)






 
Top