MENTAWAI – Kepolisian Resor Kepulauan Mentawai kembali melaksanakan Serah Terima Jabatan (Sertijab) perwira menengah dari AKP. Yulhelman kepada Iptu. Andri Soleh sebagai Kasat Intelkam. Sertijab dilakukan di lapangan Mapolres Kepulauan Mentawai, Jumat (14/9/2018).

Kapolres Mentawai, AKBP Hendri Yahya menyatakan, mutasi di lingkungan kepolisian merupakan hal biasa. Selain itu juga kebutuhan organisasi dengan konsekuensi dalam rangka pembinaan karir bagi pejabat yang bersangkutan, sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik.

Dikatakan, tugas fungsi Intelkam adalah menyelenggarakan, membina fungsi intelijen bidang keamanan termasuk persandian, memberikan pelayanan dalam bentuk surat izin, keterangan yang menyangkut orang asing, senjata api, bahan peledak, kegiatan sosial, politik masyarakat dan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) bagi yang membutuhkan.

Selain melakukan pengawasan, pengamanan dan pelaksanaan kegiatan, diharapkan Sat Intelkam Polres Mentawai bisa lebih baik lagi dan mampu menjalankan tugasnya secara profesional, modren dan terpercaya.

Kasat Intelkam yang baru, kata Hendri Yahya, segera menyusun rencana dan progiat sesuai penjabaran dari rencana atau program kerja serta mengarahkan, mengawasi, mengendalikan pelaksanaan guna tercapainya sasaran dan berdaya guna serap.

Selain itu, tugas Intelkam juga memberikan bimbingan teknis terhadap pelaksanaan fungsi sat Intelkam dengan melakukan pembinaan terhadap masing-masing unit yang ada di polsek. Intelkam sebagai data dan telinga kesatuan Polri yang berkewajiban melaksanakan deteksi dini dan memberikan peringatan masalah, perkembangan masalah dan perubahan kehidupan sosial dalam masyarakat, sehingga terciptanya kamtibmas di wilayah hukum Polres Kepulauan Mentawai.

Berkaitan hal tersebut, kata Hendri Yahya, seiring dengan tuntutan reformasi dimana salah satunya harus menjunjung tinggi supremasi hukum dan hak asasi manusia, maka profesionalisme moderen dan terpercaya di dalam pelaksanaan tugas harus ditingkatkan serta peka dan tanggap terhadap lingkungan.

Lebih lanjut, Hendri Yahya mengingatkan kepada seluruh personil jajaran Polres Mentawai bahwa tugas yang akan dihadapi semakin hari semakin kompleks dan rumit. Apalagi saat ini akan menghadapi agenda nasional yakni Pilres dan Pileg tahun 2019. 

Dalam menghadapi kegiatan tersebut, tentu dibutuhkan sumber daya manusia Polri yang profesional, bermoral dan moderen. Oleh karena itu, diminta kepada seluruh personil untuk bersama-sama melaksnakan tugas dengan ikhlas, sehingga beban tugas yang diemban dapat terlaksana dengan baik. 

(pmc/ers/ede)
 
Top