MENTAWAI – Sekretaris Daerah (Sekda) Mentawai pimpin upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Senin (17/9/2018).

“Hari Perhubungan Nasional merupakan momentum untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan dengan menyatukan tekad dan persepsi di Indonesia khususnya kepulauan Mentawai," kata Pj. Martinus D saat mebacakan amanat Menteri Perhubungan.

Sesuai dengan tema Harhubnas, Guyub Rukun membangun bangsa, dimana seluruh pihak bersinergi membangun konektivitas guna mewujudkan transportasi yang handal serta mengutamakan aspek keamanan dan keselamatan yang lebih baik.

Dikatakan, hari ini juga harus dimaknai mendalam untuk intropeksi diri dalam menjalankan tugas-tugas di bidang perhubungan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Mentawai, Edi Sukarni menyebutkan, moment peringatan Harhubnas ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, selain itu seluruh elemen masyarakat dan pemerintah ikut mendorong konektivitas transportasi 

Menurutnya tanpa ada dukungan dalam meningkatkan konektivitas transportasi di Mentawai, akan gagal semuanya, karena akses satu-satunya di Kepulauan Mentawai itu adalah sarana transportasi.

Dengan adanya program Trans Mentawai, kata Edi Sukarni kita siapkan SDM yang artinya menyiapkan tenaga yang berpotensi dalam bidang perhubungan untuk putra daerah yang akan didiklatkan.

“Dalam waktu dekat ini akan ke kementrian perhubungan untuk meminta program berbasis pendidikan perhubungan dalam mewujudkan konektivitas transportasi di bumi sikerei” kata Edi Sukarni.

Konektivitas transportasi di Mentawai, untuk ke depan pada tiga pulau besar di Mentawai masing-masing disiapkan satu kapal transportasi penyebrangan sesuai permintaan di Kemenhub. Sebab, melihat grafik jumlah penumpang, sangat jauh sekali pertambahan pertumbuhannya. 

(ers/ede)


 
Top