PADANG -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang kembali menggelar aksi donor darah yang ke-4 kalinya dalam bulan suci Ramadan. Kali ini, aksi digelar di SJS Plaza jl. Jhoni Anwar, Lapai, Kecamatan Nanggalo, Senin (7/5/2019) malam.

Wali Kota Padang Mahyeldi yang juga Ketua PMI Kota Padang ikut menyumbangkan darahnya dalam kegiatan kemanusiaan tersebut. 

Usai mendonorkan darahnya ia menyampaikan bahwa kegiatan donor darah ini sangatlah penting mengingat Kota Padang saat ini membutuhkan darah sebanyak 100 kantong per harinya. Dan saat bulan Ramadan biasanya kebutuhan darah kurang terpenuhi. 

"Untuk itu, kita melaksanakan donor darah di tempat keramaian, agar kebutuhan darah itu dapat terpenuhi. Ini semua demi warga masyarakat kita yang sangat membutuhkannya," ungkapnya.

Mahyeldi pun menjelaskan kepada warga Kota Padang yang telah melakukan donor darah lebih 130 kali. Sebagai hadiah Pemko Padang akan memberangkatkan umrah ke Makkah. 

"Ini adalah bentuk ucapan terima kasih dan apresiasi  Pemko Padang dan PMI Kota Padang kepada pendonor darah. Karena pendonor darah merupakan orang yang luar biasa dan salah satu perbuatan terpuji,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia juga mengimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Padang, aparat kepolisian, TNI dan lainnya agar bersedia menyumbangkan darahnya. 

“Kita menyadari bahwa kebutuhan darah di Kota Padang hari ke hari semakin meningkat. Untuk itu, mari sama-sama kita memenuhi kebutuhan tersebut,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Padang dr. Widyarman menyampaikan, bagi warga Kota Padang yang ingin mendonorkan darahnya pada bulan suci Ramadan silahkan mendatangi SJS Plaza di malam harinya. Kemudian jangan takut untuk mendonorkan darah, sebab tidak akan terjadi gangguan sama sekali terhadap kesehatan. 

“Jika tekanan darah baik, denyut nadi teratur, maka dapat melakukan donor darah,” sebutnya.

Ia menambahkan, donor darah ini dibuka sejak 6 Mei sampai 3 Juni 2019.

“Kita menargetkan selama bulan puasa, setidaknya kita mendapatkan 2.000 kantong darah,” terangnya.
  
Untuk memotivasi bagi pendonor panitia pelaksana juga menyediakan hadiah menarik. Dalam kesempatan yang sama Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno juga ikut mendonorkan darahnya. 

Sumber: Tim Humas Pemko Padang
 
Top