GUNAWAN
Kadishub Pessel
PESSEL, SUMBAR -- Guna mengantisipasi lonjakan kendaraan pengunjung di kawasan obyek wisata, seperti di Carocok Painan dan Carocok Tarusan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Perhubungan setempat memastikan telah menyiapkan kantong - kantong parkir kendaraan. Selain areal GOR M Zein dan GOR Ilyas Yakub Rawanv Painan, lahan masyarakat juga 'disulap' atau dimanfaatkan sebagai lokasi parkir. 

Kepala Dinas Perhubungan Pessel, Gunawan, kepada www.sumatrazone co.id di Painan, Selasa (28/5/2019), menjelaskan, agar aman dan lancar, pemanfaatan lahan masyarakat untuk lokasi parkir dilakukan setelah adanya koordinasi dengan pemilik lahan. Karcis parkir dari Dinas Pendapatan diberikan pada pemilik lahan melalui Dinas Perhubungan dengan tarif sesuai Perda yang ada.

"Untuk roda dua Rp.5000, roda empat Rp.10 ribu, bus mini Rp.15 ribu dan bus roda enam Rp 20 ribu," papar Gunawan.

Bukan itu saja, kata Gunawan, agar roda ekonomi masyarakat di kawasan wisata ikut bergerak dinamis, maka bagi wisatawan yang nantinya akan masuk kawasan obyek wisata, Dishub Pessel akan bekerjasama dengan pemilik mobil "odong - odong" serta tukang ojek setempat.  

Khusus di kawasan obyek wisata Pantai Carocok Painan, Carocok Tarusan dan Lenggayang, lanjut Gunawan, akan dilakukan rekayasa arus kendaraan. Karena, seperti libur lebaran tahun lalu, tiga objek wisata tersebut akan ramai dikunjungi wisatawan. 

" Kita perkirakan, lonjakan wisatawan akan terjadi pada H +3 sampai H + 10," tutupnya.

(fan/ede)
 
Top