Assalaamu'alaikum Warrahmatullaahi Waabarakaatuh..

Merdeka!! ✊

    Merdeka!! ✊

         Merdeka!! ✊

Yang Saya Hormati Ayahanda Kami 

Ketua Legiun Veteran RI Kota Padang

Yang saya hormati para Pembina Kami dari unsur TNI & Polri, baik yang telah memberi pembinaan Teritorial maupun pembinaan Kamtibmas.

Dewan Pertimbangan, para Senior yang selama ini setia mendampingi kami.

Yang saya hormati jajaran pengurus Pimpinan Cabang Pemuda Panca Marga Kota Padang, selanjutnya Pimpinan Ranting Kecamatan se Kota Padang yang tetap solid, yang saya banggakan..

Puji Syukur kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan nikmat-Nya kepada kita sekalian, nikmat yang tidak ternilai dan terhitung jumlahnya, sehingga pada hari ini kita tetap bersemangat di HUT PPM kita yang ke 40 tahun, dimana kita masih tetap kompak dan selalu menjaga visi dan misi kita sebagai wadah berhimpun anak dan keturunan Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia. Itu semua adalah rahmat dari Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa.

Kepada Keluarga Besar PPM Kota Padang khususnya dan Sumatera Barat pada umumnya, yang saya banggakan.

Betapa waktu sudah tidak terasa, dari mulai detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, bahkan sampai pada tahun, dimana kita sudah melakukan tugas dan tujuan kita secara konstitusional sesuai dengan visi dan misi Panca Marga sebagai kode etik kehormatan Veteran RI kita bersama atas dasar Demokrasi dan Undang-undang Dasar (UUD) 1945 yang menjadi barometer kita dalam berorganisasi.

Hari ini, tepat pada tanggal 22 Januari 2021 adalah Hari Lahirnya PPM yang ke-40 tahun, itu semua adalah proses, itu semua adalah perjalanan dan itu semua merupakan kerangka waktu yang kita sudah lalui bersama untuk organisasi dan negeri ini.

Sangat saya kagumi para pengemban tugas, dengan sabar, loyal, kompak, bersama, bersatu meskipun dalam perjalanan ada sesuatu yang kadang membuat kita goyah,  kita menyadari itu semua merupakan bagian dari perjuangan. Salam hormat kepada para senior, pembina, penasehat kita sekalian yang telah dengan sabarnya memberikan arahan, wejangan, petuah pada kita semua untuk tetap dalam situasi yang kompak serta solid dalam menjalankan roda organisasi yang kita cintai ini.

Dalam hidup ada catatan sejarah, dalam sejarah ada perjuangan dan dalam perjuangan ada pengorbanan, itu semua adalah momentum-momentum yang tidak bisa kita hilangkan dan tidak bisa kita hindari, namun kita semua memiliki proggress, rancangan, rencana dan tujuan dari dan atas dasar musyawarah yang kita sepakati sesuai dengan program yang kita buat guna mensukseskan visi dan misi kita bersama khususnya PPM Kota Padang dan umumnya bagi seluruh warga Indonesia ini. 

Di hari yang berbahagia ini marilah kita crosscheck, segala kekurangan, ketidak lengkapan, ketidak adaan di hari sebelumnya untuk menyempurnakannya, tentunya dengan bersama-sama memikul tanggung jawab secara merata dan sesuai dengan profesionalitasnya masing-masing, semua itu merupakan catatan baik dan buruk yang kita lalui pada masa setahun ini, dan tahun-tahun sebelumnya.

Untuk itu ke depan marilah kita singsingkan lengan, kepalkan tangan dan bangkit untuk Indonesia, untuk tanah air kita, melalui sektor organisasi PPM ini, agar menjadi lebih baik, lebih bersahaja dan yang tak kalah pentingnya adalah semua itu adalah nilai Ibadah kita. Untuk itu saya selaku Ketua Pimpinan Cabang PPM Kota Padang mengimbau kepada kita semua agar lebih mantap dan lebih kooperatif di hari ke depan. 

Dan saya pun minta maaf atas segala kekurangan selaku pemangku kebijakan di PC PPM Kota Padang, karena kesempurnaan itu hanyalah milik Allah Swt.  

Sekian dari saya, akhir kata saya ucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Pemuda Panca Marga kita ke- 40 tahun semoga semakin maju dan jaya.

Merdeka!! ✊

    Merdeka!! ✊

        Merdeka!! ✊

Wassalamu'alaikum Warahmatullaahi Waabarakaatuh


Padang, 22 Januari 2021

Yudha Putra

Ketua PC PPM Kota Padang



#Kutipan singkat 

Berawal dari keinginan putra-putri Veteran RI untuk menghimpun diri dalam satu wadah organisasi yang tumbuh dan berkembang di berbagai daerah / provinsi, antara lain di Sumatera Utara tahun 1966 dengan mendirikan Kesatuan Anak-Anak Veteran RI (KAVRI), di Bali tahun 1971 mendirikan persatuan Persatuan Pemuda Panca Marga (P3M), dan di Jakarta tahun 1978 mendirikan Ikatan Putra - Putri Veteran RI (IPVRI).

Walaupun satu sama lain tidak mengadakan komunikasi timbal-balik, namun putra - putri veteran tersebut sama-sama mempunyai tekad untuk meneruskan cita-cita perjuangan veteran RI mengisi kemerdekaan dengan berkiprah dalam Pembangunan Nasional sebagai wujud pengamalan Pancasila.

Dalam Kongres III Legiun Veteran RI Tahun 1973 diagendakan pembahasan tentang pembinaan dan pemdayagunaan potensi putra - putri Veteran RI dalam satu wadah.

Pentingnya menjajaki kemungkinan meningkatnya secara nasional adalah ditinjau dari sudut kepentingan pembangunan bangsa, agar putra - putri Veteran RI lebih terarah untuk berperan serta dalam pembangunan nasional dan sebagai jembatan langsung dalam usaha mewarisi dan melestarikan jiwa, semangat dan nilai-nilai perjuangan para pejuang '45.

Kemudian gagasan untuk menjajaki kemungkinan tersebut diputuskan pada Kongres IV LVRI tahun 1978 dengan mencantumkan beberapa PEMUDA PANCA MARGA sebagai salah satu anak organisasi Legiun Veteran RI dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga LVRI, dengan Keputusan Presiden RI Nomor 25 Tahun 1980 dan Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga LVRI tahun 1983 dengan KEPRES No. 61 Tahun 1984.

Sebagai lanjutan Pimpinan Pusat Legiun Veteran memprakarsai penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional Paripurna di Jakarta tanggal 20 - 22 Januari 1981 yang dihadiri oleh para eksponen putra - putri Veteran RI di daerah, provinsi masing-masing.

Rapat kerja para eksponen putra - putri Veteran RI itu bersepakat mendirikan organisasi PEMUDA PANCA MARGA yang berlingkup nasional, dicetuskan pada tanggal 22 Januari 1981 dan membentuk Pimpinan Pusat (sementara) PEMUDA PANCA MARGA di daerah / provinsi yang belum mendirikan organisasi PEMUDA PANCA MARGA serta bertugas menyelenggarakan Musyawarah Kerja Nasional (MUKERNAS) PEMUDA PANCA MARGA tanggal 7 s.d 10 Nopember 1983 di Pandaan, Surabaya, Jawa Timur.

Untuk lebih mempertegas keberadaan PEMUDA PANCA MARGA, dengan persetujuan Legiun Veteran RI maka pada tanggal 22 Januari 1987 PEMUDA PANCA MARGA meresmikan kemandiriannya dengan menempatkan penyesuaian kedudukan Pemuda Panca Marga menjadi Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang mandiri untuk berperan serta dalam :

- Mewarisi dan melestarikan Jiwa Semangat dan Nilai-Nilai '45 ;

- Pembangunan Nasional ;

- Mengembangkan dan melaksanakan SISHANKARATA

Tanpa mengurangi kemandirian sebagai organisasi Kemasyarakatan, PEMUDA PANCA MARGA yang berada dalam lingkungan Keluarga Besar ABRI menjalin hubungan kesejahteraan aspirasi dan koordinasi dengan Legiun Veteran RI serta berusaha untuk berhimpun dalam wadah pembinaan dan pengembangan sejenis (kepemudaan).***



 
Top