PERINGATAN Hari Bhakti Imigrasi (HBI) merupakan peringatan hari ulang tahun imigrasi yang jatuh setiap tanggal 26 Januari. Peringatan ini diselenggarakan setiap tahunnya baik oleh Direktorat Jenderal Imigrasi maupun Unit Pelayanan Teknis (UPT) Bidang Keimigrasian di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Pada tahun 2021 ini, Peringatan HBI ke-71 mengusung tema “Imigrasi Bersatu dalam Jarak, Menuju Indonesia Maju”. 

Pada peringatan ini terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang telah diatur dalam Pedoman Umum Pelaksanaan Kegiatan Hari Imigrasi Ke-71 Tahun 2021, diantaranya kegiatan “Imigrasi Peduli dan Berbagi” serta “Doa Bersama” dalam rangka mendukung penanggulangan pandemi Covid 19 di Indonesia. 

Pada pedoman tersebut, Kantor Wilayah dan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Imigrasi perlu melaksanakan rangkaian kegiatan tersebut secara baik, terarah, dan akuntabel yang salah satunya dilaksanakan pada Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang selaku UPT  keimigrasian di bawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Barat (Kanwil Kemenkumham Sumbar).

Rangkaian kegiatan Peringatan HIB ke- 71 tahun 2021 ini tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam upaya penanggulangan pencegahan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Rangkaian kegiatan dilaksanakan pada Rabu (20/1/2021) dimulai pada pukul 07.00 WIB sampai dengan 14.30 WIB. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan berupa do'a bersama, kegiatan Imigrasi Peduli dan Berbagi berupa Bhakti Sosial Gotong Royong Pembersihan Masjid, Bhakti Sosial Pemberian Donasi Yayasan Yatim Piatu serta Bhakti Sosial Kunjungan Purnabhakti Imigrasi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang. 

Rangkaian kegiatan dilaksanakan di  beberapa tempat di Kota Padang, antara lain di Masjid Nurush Shiddiq jalan Khatib Sulaiman No.47 Lolong Belanti, Kecamatan Padang Utara, Panti Asuhan Aisyiyah jalan Sawah Liat No.37A, Gunung Pangilun, Kampung Olo, Kecamatan Nanggalo; serta di kediaman Purnabhakti Imigrasi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang. 

Hadir dalam serangkaian kegiatan, antara lain Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumbar, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, Pejabat Struktural Divisi Keimigrasian Kanwil Kememkumham Sumbar, Pejabat Struktural serta Panitia HIB ke- 71 tahun 2021 Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang. 

Berikut serangkaian kegiatan peringatan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke -71 Tahun 2021 yang dilaksanakan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang. 

Doa Bersama 

Pada pukul 07.00 WIB para peserta berkumpul di lapangan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang. Setelah dibuka oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumbar Syamsul Efendi Sitorus, peserta bertolak ke tempat kegiatan “Doa Bersama”  yaitu Masjid Nurush Shiddiq Lolong Belanti. Doa Bersama dipimpin oleh Edi Komar selaku Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi keimigrasian. 

Ketua HBI 2021 Kantor Umigrasi Kelas I TPI Padang, Yulindo Danu Saputra, menjelaskan, kegiatan doa bersama ini bermaksud untuk mendukung penanggulangan Pandemi Covid-19 di Indonesia. 

Doa bersama berlangsung khidmat dan diikuti oleh seluruh peserta, menyesuaikan dengan agama dan kepercayaan masing-masing.


Imigrasi Peduli dan Berbagi 

Setelah doa bersama, kegiatan dilanjutkan Bhakti Sosial Gotong Royong membersihkan masjid. Para peserta membersihkan seluruh area masjid diantaranya ruangan dalam, pekarangan sekitar masjid, tempat pengambilan wudhu maupun toilet masjid.  

Pada kesempatan itu dilaksanakan pemberian disinfektan di seluruh area masjid. Hal ini bertujuan untuk pencegahan penyebaran wabah virus corona di area umum (tempat peribadatan). 

Donasi Yayasan Yatim Piatu

Kegiatan Imigrasi Peduli dan Berbagi berupa Bhakti Sosial dilanjutkan di Panti Asuhan Aisyiyah di jalan Sawah Liat No.37A, Gunung Pangilun, Kampung Olo, Nanggalo. 

Kegiatan diawali pemberian kata sambutan oleh Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumbar Syamsul Effendi Sitorus, dilanjutkan sepatah kata dari Ibu Nurlela selaku pihak Panti Asuhan Aisyiyah. Dalam kesempatan ini diserahkan donasi/sumbangan berupa sembako secara simbolis kepada anak panti oleh Syamsul Efendi Sitorus dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, Muhammad Novyandri.  

Setelah makan bersama, kegiatan ditutup doa yang dibacakan pengurus panti.

Kunjungan Purnabhakti Imigrasi 

Kunjungan Purnabhakti Imigrasi dilaksanakan di antaranya ke kediaman Sapto Handoyo, Azwar Arif,  Ibnu Askan, Yusmaini,  Kali Joko,  Harmen, Gusril dan Jefril. 


Setelah beramah tamah menjalin tali silaturahmi dilanjutkan pemberian cenderamata atau kenang-kenangan. Kegiatan diakhiri foto bersama dengan Purnabhakti Imigrasi tersebut.

Selaku ketua pelaksana serangkaian kegiatan, Yulindo Danu Saputra mensyukuri Peringatan HBI 2021 yang dilaksanakan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang berlangsung dengan baik dan lancar tanpa ada kendala. 

"Semoga bermanfaat bagi khalayak umum dan nama baik instansi keimigrasian," pungkasnya.

(adv)









 
Top